Semrawut karena Rusak, Tracking Pantai Solop Bakal Dibangun Permanen

Semrawut karena Rusak, Tracking Pantai Solop Bakal Dibangun Permanen
int

INHIL, SERAMBIRIAU.COM - Terkait rusaknya beberapa area Tracking Mangrove Pantai Solop, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) Inhil, Junaidy SSos MSi mengakui bahwa tracking tersebut tidak tahan karena memang terbuat dari bahan kayu, sebab tracking tersebut terkena panas dan hujan.

Apalagi menurutnya tracking tersebut berada di tempat naung sehingga hal itu menyebabkan percepatan pelapukan.

Saat dimintai keterangan oleh Riaulink.com, Junaidy menyebutkan bahwa pihak Disparporabud juga sudah mengupayakan pada tahun depan akan membangun tracking permanen. 

"2020 kita akan kembali membangun tracking yang terbuat dari beton sehingga usianya bisa terjamin, karena tracking yang ada ini kan merupakan bantuan Kementerian Kelautan," bebernya.

Untuk pengembangan konsep pariwisata ke depan, imbuhnya, dalam RPJMD Inhil dijelaskan bahwa Disparporabud akan melaksanakan pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat.

"Kita akan mencoba membangun desa-desa wisata, dan itu akan di kolaborasikan pada program Bupati Inhil, yakni DMIJ Plus Terintegrasi," ungkap Junaidy.

Sebagai contoh ialah Pantai Solop, yang direncanakan nantinya akan melibatkan warga tempatan untuk mengelola destinasi wisata tersebut, sementara pihak Disparporabud akan mendukung dari segi sarana dan prasarana.

"Misalnya di Solop nanti ya, ke depannya kita akan mensuport pihak desa untuk terjun langsung selaku pihak pengelola, kita dari dinas hanya bersifat mensupport kegiatan pembangunannya," pungkasnya. (ray)

Berita Lainnya

Index