PBAK 2019 Uin Suksa Riau, Ini Tiga Fokus Utama Dari Rektor

PBAK 2019 Uin Suksa Riau, Ini Tiga Fokus Utama Dari Rektor
int

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Suasana pagi Rabu 14 Agustus 2019, tampak diwarnai kabut asap. Namun hal itu tak menyurutkan semangat para mahasiswa baru membentuk barisan. Sebanyak 669 mahasiswa baru Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Suska Riau, sudah berbaris rapi.

Dengan mengenakkan pakaian hitam putih, mereka antusias mengikuti upacara pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) TA. 2019/2020. Bertempat di halaman gedung rektorat UIN Suska Riau

Tepat pukul 07.00 WIB upacara dimulai. Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. KH Akhmad Mujahidin, S.Ag, M.Ag selaku inspektur upacara memasuki lapangan upacara. Dalam amanatnya rektor menyampaikan, ada tiga fokus PBAK tahun ini. Yakni penanaman wawasan dan nilai-nilai kebangsaan, wawasan moderasi beragama dan budaya akademik dan kemahasiswaan di kampus.

Penanaman wawasan dan nilai-nilai kebangsaan menjadi harga mati. Karena sudah mulai tergerus di era milenial saat ini. “banyak yang sudah tak hafal lagi falsafah pancasila saat ini” ungkap Mujahidin. Begitu juga penghayatan dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari.

Begitu juga wawasan moderasi beragama, menjadi penting saat ini. Karena sejalan dengan jati diri bangsa. Islam yang ramah, berinterksi dengan seluruh umat. Dimana dari delapan fakultas yang ada di UIN Suska Riau saat ini, mahasiswa non muslim sudah mencapai 70 orang. Makanya diperlukan ukwah islamiah, ukhwah wathaniah dan ukhwah basyariah.

Sedangkan Budaya akademik dan kemahasiswaan dikampus, menjadi tak kalah penting. “harapan saya, anda bisa selesai dalam waktu empat tahun” ungkap Mujahidin. Untuk itu jadilah mahasiswa yang sukses. Karena gagal itu pasi, sukses adalah perjuangan. Berjuanglah untuk sukses. Karena itu bukan hanya impian anda. Tapi juga menjadi harapan orangtua, bangsa dan negara. tutup mujahdin.

Pada kesempatan itu, rektor juga melakukan penyematan tanda peserta dan membuka PBAK  UIN Suska Riau 2019/2020 secara resmi. Hadir para dekan, dan para wakil rektor di lingkungan UIN Suska Riau.

Peran utama dipegang pimpinan

Tak seperti tahun sebelumnya, PBAK kali ini diselenggarakan per fakultas. Dengan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) sebagai penyelenggara perdana, dari tanggal 14 sampai 15 Agustus 2019. Dilanjutkan Fakultas Psikologi, 15-16 Agustus. Fakultas Syariah dan Hukum, tanggal 16 -17 Agustus. Fakultas Ushuluddin dan Tarbiyah Keguruan, 19 -20 Agustus. Pertanian dan peternakan, 21-22 Agustus. Ekonomi dan Ilmu Sosial, 27-28 Agustus. Terakhir Fakultas Sains dan Teknologi, 30-31 Agustus 2019.

Seperti diungkapkan WD III FDK UIN Suska Riau, Dr. Azni, MA, PBAK tahun ini tetap mengacu pada keputusan Dirjen Pendis No.4962. Namun jika sebelumnya penyelenggaraan PBAK peran utama diberikan pada mahasiswa, melalui BEM. Mulai tahun ini peran utama, di pegang pimpinan. Melaui para Wakil Dekan (WD) III fakultas masing-masing.

Adapun jumlah total Mahasiswa baru UIN Suska Riau yang akan mengikuti PBAK tahun ini, berjumlah sekitar  5.562 mahasiswa.(rls)

Berita Lainnya

Index