Gubernur Riau Resmikan Istitut Agama Islam (IAI) Dar Aswaja

Gubernur Riau Resmikan Istitut Agama Islam (IAI) Dar Aswaja
Gubernur Riau Resmikan Istitut Agama Islam (IAI) Dar Aswaja

ROHIL- Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Daar Ahlissunnah Wal Jamaah (Aswaja) Sabtu (7/9/2019) kemarin diresmikan menjadi  Institut Agama Islam (IAI) Daar Aswaj yang berada di Jalan Ibadah syeikh Muda Madlawan, Sungai Pinang Kecamatan Kubu Babussalam, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, oleh Gubernur Riau Drs H Syamsuar.

Peresmian tersebut disaksikan Wakil Bupati Rokan Hilir Drs. H. Jamiludin, mewakili Kakankemenag Rohil, Nasuha, S.Pd.I, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rohil H.M.Wan Rusli Syarief, Kepala Bagian Humas dan Protokoler Hermanto,Ssos, Kopertais Wilayah Xll-Riau Kepri Rektur IAI Dar Aswaja Rokan Hilir, Ketua NU, H. Sakolan, M.Ag, beserta ketua Yayasan, Tokoh Agama, Camat, Lurah/Penghulu, para orang tua Santri dan para Santri.

Peresmian Kampus Institut Agama Islam (IAI) Dar Aswaja ditandai dengan penandatanganan prasasti sekaligus penandatanganan MoU kerjasama tentang penguatan Tri Darma Perguruan Tinggi dengan pemerintah provinsi Riau dan Kabupaten Rokan Hilir serta penandatangani Prasasti peresmian alih status Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah (STIT) ke Institut Agama Islam (IAI) Dar Aswaja Rokan Hilir, Pemukaan selubung papan nama Institut Agama Islam (IAI) Dar Aswaja.

Dalam Sambutannya, Gubernur Riau H.Syamsuar memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Rektor Institut Agama Islam Dar Aswaja yang telah membantu Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pembangunan khususnya pembangunan di bidang pendidikan.

"Atas nama Pemprov Riau saya mengucapkan terima dan menyampaikan penghargaan kepada Rektor IAI Dar Aswaja Rohil yang telah membantu pemerintah daerah mewujudkan pembangunan dibidang pendidikan,ini merupakan satu-satunya Institut yang ada didaerah Kabupaten Rokan Hilir," ucapnya.

Dan Sesuai dengan SK Menteri Agama nomor 456 tahun 2019 tentang perubahan bentuk dari sekolah tinggi ilmu tarbiyah menjadi Institut Agama Islam Dar Aswaja dengan tiga fakultas, yaitu fakultas tarbiyah, fakultas ekonomi, dan fakultas Ushuluddin.

"Lembaga ini akan menjadi perhatian pemerintah daerah di samping akan dijadikan sebagai aset daerah yang kita percayakan membangun manusia yang beriman dan bertakwa, melahirkan sarjana-sarjana yang berilmu pengetahuan. Untuk itu kerjasama yang akan kita perkuat, insya Allah pada tahun 2020/2021 Kami berharap paling tidak sebanyak 2.000 orang tamatan Madrasah dan SMA, SMK dan Pondok Pasantren bisa kuliah di Institut Agama Islam Dar Aswaja Rokan Hilir ini," harap Syamsuar. (Adv)

Berita Lainnya

Index