Orientasi 45 Anggota DPRD Pekanbaru, Legislatif dan Eksekutif Diharap Bersinergi

Orientasi 45 Anggota DPRD Pekanbaru, Legislatif dan Eksekutif Diharap Bersinergi
Peserta orientasi yakni 45 Anggota DPRD Kota Pekanbaru foto bersama Sekko Pekanbaru M Noer MBS, usai ditutupnya kegiatan ini pada Jumat (11/10/2019) di hotel Grand Elit Pekanbaru.

PEKANBARU - 45 anggota DPRD Kota Pekanbaru periode 2019-2024 mengikuti kegiatan orientasi gelombang I di Hotel Grand Elite Pekanbaru, Rabu (9/10/2019). Sebelumnya, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Riau (Wagubri) H EDy Natar Nasutio pada Selasa malam. Orientasi ini sendiri berlangsung hingga Jumat (11/10/2019).

Kegiatan orientasi yang ditaja oleh Badan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Riau ini, sebagai salah satu upaya pembekalan dan pendalaman tugas para anggota dewan dalam menjalankan tugas selama lima tahun kedepan.

Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani MS SIP memaparkan, kegiatan orientasi ini sangat penting untuk diikuti para anggota legislatif, dalam menjalankan tupoksi (tugas, fungsi dan pokok) anggota dewan.

"Orientasi ini sebenarnya hak dan kewajiban anggota dewan, apalagi anggota DPRD Pekanbaru periode ini banyak yang baru. Maka saya nilai orientasi sangat penting diikuti, dan yang anggota dewan lama saya kira tidak salah untuk mengulang kaji," kata Hamdani.

Dalam materi yang disampaikan pada sesi pertama, Hamdani menilai banyak informasi dan pengetahuan yang bisa diambil oleh para anggota dewan, diantaranya bagaimana memahami seutuhnya kerangka dasar Pancasila, dan undang-undang dasar yang di dalamnya juga menyangkut tugas-tugas legislatif.

"Kita dituntut tidak hanya sekedar koar-koar kami NKRI kami nasionalisme, tetapi bagaimana aktualisasi dari NKRI itu. Tunjukkan bahwa kita ini memiliki pemahaman Pancasila yang utuh dan tidak hanya sekadar seremoni, tapi betul-betul menunjukkan dan menghargai yang namanya perbedaan pendapat, menghargai masukan serta juga menghargai substansi dari Pancasila undang-undang dan demokrasi," harapnya. 

Pada orientasi ini, dipimpin pemateri handal seperti mantan Sekko Pekanbaru Syukri Harto, pejabat Pemprov Riau Joni Irwan dan pemateri mumpuni lainnya. Orientasi ini sendiri ditutup secara resmi oleh Sekko Pekanbaru M Noer MBS, di dampingi Plt Sekwan Zulfahmi Adrian yang diwakili Kabag Umum Dedi Damhudi. (galeri/Parlementaria)

Berita Lainnya

Index