Siap Sambut Tanwir ke Dua, PP Nasyiatul Aisyiyah Gelar Kopdar Literasi

Siap Sambut Tanwir ke Dua, PP Nasyiatul Aisyiyah Gelar Kopdar Literasi
Kopdar Literasi

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Musyawarah Nasional Nasyiatul Aisyiyah (Tanwir) kedua akan digelar di Palembang pada 8- 10 November 2019.

dalam rangka mengevaluasi kebijakan program dan laporan program kerja serta konsolidasi Nasyiah Se Indonesia.

Sebelumnya kegiatan kegiatan Pra Tanwir II Nasyiatul Aisyiyah yang berlangsung, Kamis (7/11/2019) dan dibuka secara langsung oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Drs. Dahlan Rais.

Turut hadir Kegiatan Pra Tanwir II tersebut Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumsel Suroso PR, S.Ag., M.Pd.I., Ketua Umum PP Nasyiatul Aisyiyah, Diyah Puspitarini., Ketua Nasyiatul Aisyiyah (NA) Sumatra Selatan, Isnania, dan Kader Nasyiatul Aisyiyah Se-Indonesia.

Pada Tanwir II ini provinsi Riau diwakili oleh 5 orang peserta yang terdiri dari 4 orang dari Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Provinsi Riau dan 1 orang dari Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kota Pekanbaru.

Sebagai bentuk komitmen Nasyiatul Aisyiyah untuk ikut serta dalam Gerakan Literasi, pada kegiatan Pra Tanwir II Nasyiatul Aisyiyah diagendakan kegiatan kopdar literasi.

Dalam kegiatan ini hadir Presiden Literasi Muhammadiyah David Efendi atau yang akrab disapa Cak David menjadi salah satu narasumber.

"Kegiatan literasi bukan hal baru bagi Muhammadiyah, termasuk angkatan mudanya. Namun, jika dialog literasi menjadi salah satu agenda rangkaian level nasional seperti Tanwir, menjadi luar biasa. Kegiatan ini mengisyaratkan tingkat keseriusan Nasyiatul Aisyiyah dalam dunia literasi", ujarnya.

Selain menghadirkan cak David kopdar literasi ini juga menghadirkan Eko Prasetyo tokoh literasi Lampung.

"Mari ciptakan riak-riak kecil yang positif dapat menciptakan gelombang yang besar dan mempengaruhi perubahan pemikiran," harapnya.

seraya membakar semangat kader Nasyiatul Aisyiyah untuk terus bergerak di akar rumput literasi. Nasyiatul Aisyiyah harus bergerak memberdayakan masyarakat melalui literasi disertai juga dokumentasi dan publikasi.

Dari kopdar literasi tersebut maka Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah merumuskan untuk pembentukan Rumah Baca, dengan nama Rumah Baca Rumah Literasi Nasyiah (RALINA) dan mengajak seluruh kader Nasyiatul Aisyiyah untuk melakukan Gerakan bersama dgn tema " Nasyiah Berliterasi" serta Pembentukan Forum Penulis Nasyiah.

Salah satu peserta Tanwir II Nasyiatul Aisyiyah utusan Kota Pekanbaru yang juga merupakan relawan literasi Arini Alfa Hasanah merasa kopdar literasi ini memberi banyak ilmu dan pemicu semangat untuk menggaungkan literasi di persyarikatan.

"Sejauh ini kegiatan literasi yang kami laksanakan dimasyarakat hanya sebatas membuka lapak baca, kopdar literasi ini memberi semangat baru bagi kami untuk bergerak serta merealisasikan Rumah Literasi Nasyiah sehingga dapat menjangkau masyarakat lebih luas", ungkapnya.

"Dalam upaya tersebut Kami juga ikut bergabung dalam Forum TBM Riau yang memberikan ruang belajar untuk pemula diliterasi," tutupnya. (Src/rls)

Berita Lainnya

Index