Formasi Guru Seni Khusus Disabilitas di Meranti Tak Ada Peminat

Formasi Guru Seni Khusus Disabilitas di Meranti Tak Ada Peminat
Internet/Ilustrasi

MERANTI, SERAMBIRIAU.COM - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 di Kepulauan Meranti telah ditutup pukul 00.00 WIB tanggal 29 November 2019 tengah malam. Dari 2.774 orang yang mendaftar, tak satu pun memilih formasi guru seni budaya khusus penyandang disabilitas.

Demikian diungkapkan Kasubbid Pengadaan dan Pemberhentian Pegawai BKD Kepulauan Meranti, Budi Hardiantika.

Kata Budi, sejak dibuka pendaftaran CPNS tanggal 14 November 2019, pelamar yang memilih Meranti berjumlah 2.774 orang. Mereka memperebutkan posisi pada 121 formasi yang dibuka Pemkab Meranti.

"Data pukul 00.00 WIB (29 November 2019) pelamar sejumlah 2.774 orang," kata Budi Hardiantika.

Dikatakannya, dari 121 formasi CPNS 2019 Pemkab Meranti menyiapkan enam formasi guru seni budaya. Satu dari enam formasi guru seni budaya ini dikhususkan untuk penyandang disabilitas. Formasi khusus disabilitas ini untuk guru seni budaya di SMPN 2 Tebingtinggi Timur. Adapun kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah s-1 pendidikan sendratasik dan s-1 pendidikan seni budaya dan keterampilan.

"Tak ada yang melamar di formasi khusus penyandang disabilitas hingga jadwal pendaftaran CPNS berakhir," ujar Budi Hardiantika.

Dijelaskan Kabid Informasi Kepegawaian (Inka) Said Solahuddin, untuk posisi guru seni budaya khusus disabilitas ini akan kosong hingga dilaksanakan SKD dan SKB. Namun, setelah pengumuman kelulusan (integrasi nilai SKD dan SKB), peserta dengan nilai terbaik akan ditempatkan di posisi guru seni budaya khusus disabilitas yang kosong ini.

"Dari 15 peserta SKB, yang lulus jadi CPNS hanya 5 orang untuk 5 formasi guru seni budaya, berarti ada 10 yang tak lulus nantinya. Untuk mengisi formasi yang kosong, diambil satu dari sepuluh peserta dengan nilai tertinggi," ujar Said Solahuddin.

"Posisi yang kosong karena tak ada pelamar penyandang disabilitas tetap akan terisi setelah seleksi SKD dan SKB selesai," tambah Said Solahuddin, Rabu (4/12/2019). (ckp)

Berita Lainnya

Index