Bantai Laos 4-0, Indonesia Lolos ke Semifinal SEA Games

Bantai Laos 4-0, Indonesia Lolos ke Semifinal SEA Games
Bantai Laos 4-0, Indonesia Lolos ke Semifinal SEA Games Timnas Indonesia lolos ke semifinal SEA Games 2019 usai mengalahkan Laos di laga pemungkas Grup B. (AP Photo/Aaron Favila)

SERAMBIRIAU.COM  - Timnas Indonesia lolos ke semifinal SEA Games 2019 usai mengalahkan Laos 4-0 pada laga pamungkas Grup B di Stadion Imus Granstand, Filipina, Kamis (5/12/2019).

Pasukan Garuda langsung menggebrak sejak menit awal pertandingan. Hasilnya, Garuda Muda berhasil memecah kebuntuan saat laga baru berusia lima menit lewat aksi Saddil Ramdani.

Selepas gol Saddil, Indonesia kesulitan membongkar pertahanan berlapis Laos. Soukaphone Vongchiengkham dan kawan-kawan mampu menebar ancaman lewat serangan balik.

Vongchiengkham bahkan nyaris berhasil menyamakan skor di menit ke-40. Namun, tendangan bebas kapten Laos tersebut masih mampu ditepis Nadeo Argawinata.

Semenit berselang, Saddil mendapat peluang emas untuk menggandakan skor. Sayang, tembakannya di sisi kiri kotak penalti masih terlalu lemah dan mudah diantisipasi penjaga gawang Solasak Thilavong.

Tim Merah Putih terus mengurung pertahanan Laos di waktu tersisa, namun tak ada gol tambahan yang tercipta hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Indonesia mampu mencuri gol di menit ke-47 lewat aksi Osvaldo Haay. Ini merupakan gol keenam Osvaldo di sepanjang fase grup.

Unggul 2-0 membuat Indonesia bermain lebih tenang saat menguasai bola. Kerja sama apik Evan Dimas dan Syahrian Abimanyu di lini tengah membuat Laos kerepotan.

Akan tetapi, Laos sempat mendapat peluang memperkecil skor lewat tendangan spekulatif dari luar kotak penalti pada menit ke-64. Tetapi upaya itu masih tepat mengarah ke Nadeo Argawinata.

Bagas Adi Nugroho berhasil memperlebar keunggulan Indonesia menjadi 3-0 lewat eksekusi penalti di menit ke-71. Tembakan Bagas sempat diblok kiper lawan namun ia berhasil menunaikan tugasnya dengan menyambut bola liar di depan gawang.

Osvaldo Haay menambah derita Laos lewat gol yang ditorehkannya di masa injury time. Hasil ini sudah cukup bagi Indonesia melaju ke semifinal dengan status runner up, sementara juara grup dikuasai Vietnam yang bermain imbang 2-2 lawan Thailand. (Ckp)

Berita Lainnya

Index