Simak Baik-baik, Berikut Ini Cara Hilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Simak Baik-baik, Berikut Ini Cara Hilangkan Ngantuk di Pagi Hari
Internet/ilustrasi

SERAMBIRIAU.COM – Padahal sudah bangun tepat waktu, tapi rasa kantuk di pagi hari sering kali mengalahkan semangat untuk bangun. Jadinya kebablasan, sehingga semuanya harus dikerjakan secara terburu-buru.

Hal-hal kecil seperti ini sering kita alami. Dan kebiasaan tidur di pagi hari sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Memang ada banyak faktor penyebab mengapa kita sering mengantuk di pagi hari.

Tidak jarang dari kita mengatasinya dengan cara menyambung tidur. Padahal ini merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari. Selain itu melanjutkan tidur di pagi hari, akan membuat badan jadi lemas dan lesu. Sehingga membuat kita malas untuk melakukan sesuatu.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk menghindari rasa kantuk di pagi hari.

1. Jangan matikan alarm.

Mematikan alarm, baik di handphone maupun jam waker akan membuat tidur kamu kebablasan. Sebaiknya jangan klik tombol snooze itu. Selain itu alarm punya bisa menyala secara otomatis beberapa menit setelah alaram pertama berbunyi.

2. Atur waktu alarm lebih dari sekali.

Jika kamu mengatur alarm pada handphone, sebaiknya membuat 2 waktu yang berbeda dengan jarak yang disesuaikan. Jika perlu aturlah waktu lebih dari 2. Misal 3-5 waktu jika memang kamu sulit untuk bangun pagi.

Mengatur waktu alarm lebih dari sekali memungkinkan untuk kamu bisa terbangun pada saat alarm berbunyi di waktu berikutnya. Set-lah waktu alaram yang sesuai. Misalnya kamu harus berangkat kerja pukul 07.00 WIB.

Maka sebaiknya set alarm pukul 05.00, 05.30, 06.00 dan 06.30 WIB. Selain itu tandai nada alarm berbeda pada setiap waktu, lalu ingatlah nada alarm paling akhir supaya otak kamu cepat memberi respon saat mendengar nada tersebut.

3. Cuci muka dengan air dingin.

Membasuh wajah dengan air dingin dipercaya dapat mengurangi ngantuk di pagi hari. Hal ini juga bisa menjadi alternatif jika tak sempat mandi penuh. Membasuh air dingin ke wajah sebagai pemberi sinyal perubahan suhu pada tubuh.

4. Hindari makan gula sampai makan siang.

Menghindari makanan gula sampai jam makan siang dapat menjadi solusi atasi ngantuk di pagi hari. Makanan manis seperti minuman kopi manis, kue kering, dapat menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah klasik yang membuat tubuh merasa terkuras dan mengantuk. (bpc)

Berita Lainnya

Index