Disdukcapil Pekanbaru Sudah Pindah Kantor

Disdukcapil Pekanbaru Sudah Pindah Kantor
Ket foto : Sejumlah Pegawai Disdukcapil Berfoto Bersama di Kantor Disdukcapil Pekanbaru Jalan Sudian Areal Mal Pelayanan Publik, pada Senin (10/2)

PEKANBARU -  Pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) pindah ke areal Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, sejak Senin (10/2).

Layanan yang selama ini di Jalan Mustafa Sari pindah ke bangunan baru tersebut. Masyarakat tampak terus berdatangan ke Kantor Disdukcapil Kota Pekanbaru hingga Senin siang. Posisi kantor berada di sebelah gedung MPP saat ini.

Warga yang datang ke sana bisa langsung melapor ke petugas Disdukcapil. Mereka memberitahu loket sesuai dengan layanan tujuan.
Terdapat sejumlah loket layanan tersedia. Pengunjung juga bisa bertanya di meja informasi sesuai dengan layanan tujuan.

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Irma Novrita menyebut bahwa seluruh layanan yang diakses di kantornya kini pindah ke bangunan baru MPP. Hal ini agar masyarakat lebih nyaman saat mengurus dokumen kependudukan dan catatan sipil.

"Kami pindah ke bangunan baru agar masyarakat bisa lebih nyaman," katanya.

Menurutnya, saat ini tersedia layanan pembuatan akta seperti akta kelahiran hingga akta kematian. Sedangkan surat keterangan pindah masuk dan pindah masih dilayani di gerai MPP Pekanbaru.

Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) dan KTP layanannya di UPTD kecamatan. "Tapi di Disdukcapil juga bisa untuk KTP dan pengaduan dokumen kependudukan dan catatan sipil," terangnya.

Pihaknya mempersiapkan pemindahan kantor ke areal Komplek MPP Pekanbaru sejak pekan kemarin. Ia menyebut pelayanan di dinas bisa diakses di kantor baru.

"Jadi untuk masyarakat yang hendak ambil dokumen di kantor dinas, bisa datang ke komplek MPP mulai pekan depan," ulasnya.

Irma menyebut saat ini tidak cuma pemindahan kantor. Mereka juga mempersiapkan pemindahan jaringan ke kantor baru.

"Peralatan penunjang juga kita siapkan, seperti komputer dan alat pendukung lainnya," jelas dia.

Pihaknya akan melakukan uji coba pelayanan di kantor baru selama satu bulan.

Sementara peresmian kantor direncanakan pada 11 Maret 2020. "Selama satu bulan kita uji coba. Nanti kita evaluasi, bila ada kekurangan bakal kita benahi," ulasnya. (***)

Berita Lainnya

Index