Warga Pekanbaru Sudah Mulai Gunakan Masker Saat Beraktivitas di Luar Rumah

Warga Pekanbaru Sudah Mulai Gunakan Masker Saat Beraktivitas di Luar Rumah

PEKANBARU, SRAMBIRIAU.COM - Beberapa warga di Pekanbaru tampak sudah mulai menggunakan masker saat mereka melakukan aktivitas di luar rumah. Hal ini dipicu rasa khawatir masyarakat setelah pemerintah mengkonfirmasi ada warga di Indonesia positif Corona (Covid-19).

“Sekarang semuanya sudah harus waspada. Saya tak tahu kapan dan di mana saja, saya bisa terjangkit virus itu,” kata Hanif (33) warga yang berdomisili di Panam, Pekanbaru, Rabu, 4 Februari 2020.

Hanif mengatakan bahwa dia dan anggota keluarganya cukup cemas sejak wabah Corona terjangkit di Tanah Air. Dia mengatakan tidak bisa berharap dengan siapapun kecuali pada dirinya sendiri agar wabah itu bisa diantisipasi.

Sulastri (40), warga Pekanbaru lainnya mengenakan masker saat dia melakukan aktivitas belanja di Pasar Kodim, Pekanbaru. Dia harus waspada terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi pada dirinya.

Awak (harap) dengan cara-cara sederhana–pakai masker (menerapkan pola hidup sehat)–bisa mengantisipasi kondisi ini. (Semua) orang (mungkin) takut, tapi (tetap harus melakukan sesuatu untuk mencegahnya), tak bisa diam saja,” katanya.

Kecemasan terhadap mewabahnya coronavirus juga dirasakan, Harto (27), seorang pengendara sepeda motor yang ditemui saat dia berkendara di jalan raya (Jalan Sudirman, Pekanbaru). “Sudah 2 hari belakangan ini (saya), pakai masker kalau keluar rumah,” ujarnya.

Sama dengan kebanyakan warga lainnya, Harto berkata bahwa dia harus lebih berhati-hati terhadap apapun di tengah kondisi yang tidak menentu saat ini.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir memang menganjurkan kepada masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat. Hal ini agar kondisi daya tahan tubuh tetap terjaga dan tidak mudah terserang virus corona (Covid-19).

“Pakai masker kalau batuk, atau saat berhadapan dengan orang demam. Sering cuci tangan minimal 20 detik dengan air mengalir. Banyak-banyak makan buah agar vitamin tubuh tercukupi dan jangan malu untuk memeriksa kesehatan jika terjadi deman,” katanya. (Bpc)

Berita Lainnya

Index