11 Usulan Dibahas dalam Forum Perangkat Daerah Disdik Pekanbaru

11 Usulan Dibahas dalam Forum Perangkat Daerah Disdik Pekanbaru
Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru menggelar FPD, pada Kamis (5/2/2020) di Hotel Grand Suka Pekanbaru

PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru mengadakan Forum Perangkat Daerah, pada Kamis (5/2/2020) di Hotel Grand Suka Pekanbaru. Hadir dalam Forum ini, Kepala dan jajaran Disdik Kota Pekanbaru, Komisi II DPRD Pekanbaru, OPD terkait, Tokoh Masyarakat dalam dunia pendidikan, Forum Kepala Sekolah Pekanbaru hingga pihak Kelurahan.

Forum perangkat daerah yang digelar oleh Dinas Pendidikan kota Pekanbaru merupakan proses perencanaan pembangunan. Diantaranya, membahas masalah teknis berbagai keputusan yang dirumuskan secara bersama - sama dengan seluruh stokeholder, sesuai dalam Rancangan Kerja Perangkat Daerah untuk tahun 2021.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal MPd meyenbutkan tujuan kegiatan forum ini adalah merupakan penyelarasan Rencana kerja (Renja) untuk sinkronisasi dan sinergitas usulan kegiatan yang bersifat sektoral, khususnya di Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.

"Untuk mewujudkan proses perencanaan tersebut perlu adanya dukungan dari semua pihak yang partisipasi dalam pemerintahan yang berperilaku jujur, bertanggung jawab," ucapnya.

Lanjutnya terkait analisis isu isu faktual harus menjadi perhatian kita semua merumuskan kebijakan pembangunan ditahun 2021. Sehingga program yang dijalankan benar benar dapat menjawab segala permasalahan dan tantangan kedepan dalam menjalankan program program pendidikan tersebut.

"Dalam penyusunan renja harus jelas indikatornya baik itu indikator output maupun hasil outcomenya sehingga apa yang didiskusikan maupun yang dikoreksi dapat dievaluasi untuk mengukur hasil capaian kinerja pelaksanaan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD,red) selanjutnya,"ujarnya.

Dilanjutkannnya, forum perangkat daerah yang diadakan dinasnya juga akan mengkoreksi serta mengevaluasi berbagai program yang selama ini di jalankan, apakah sudah sesuai dengan program rencana kerja perangkat daerah yang telah berjalan.

"Di kesempatan inilah kita harus duduk bersama, shearing melibatkan semua stakeholder yang terlibat didalamnya, mengevaluasi apa apa yang masih kurang pas, dengan menyempurnakan penyusunan dan penetapan rancana kerja tahun 2021 yang selanjutnya dikoordinasikan dengan Bappeda kota Pekanbaru," katanya.

Ada sebanyak 11 usulan program Musrenbang dari Kecamatan dibahas dalam forum ini. Selanjutnya akan di bahas lagi di Bappeda Pekanbaru.

"Fokus kita, tentu untuk mewujudkan wajib belajar 12 tahun. Dinas Pendidikan nanti akan fokus pada pemenuhan sarana dan prasarana sekolah,"pungkasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Sabarudi mengatakan dengan adanya Forum Perangakat Daerah yang digelar Disdik Pekanbaru, ia berharap usulan-usulan pembangunan untuk pengembangan pendidikan bisa jadi prioritas.

“Dengan adanya forum ini, kebutuhan masyarat yang paling medasar terpenuhi, karena menurut saya pendidikan merupakan salah satu kebutuhan yang paling mendasar. makanya hal-hal yang diusulkan Disdik harusnya jadi prioritas pembangunan Kota Pekanbaru disamping hal-hal fisik yang dilakukan ditengah masyarakat, seperti pembangunan darainase, jalan dan lain sebagainya,” harapnya. (advertorial)

Berita Lainnya

Index