Olahraga

Antisipasi Penularan COVID-19, Gubernur Riau Imbau Masyarakat Wajib Gunakan Masker

Antisipasi Penularan COVID-19, Gubernur Riau Imbau Masyarakat Wajib Gunakan Masker
Gubernur Riau Syamsuar

PEKANBARU -Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengeluarkan imbauan kepada masyarakat Riau untuk memakai masker selama berada di luar rumah, selama masa pandemi virus corona (Covid-19). Ini sesuai dengan imbauan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan. Imbauan tersebut tertuang dalam surat edaran Gubernur Riau Nomor 96 Tahun 2020. 

“Selalu menggunakan masker ketika berada atau kegiatan di luar rumah tanpa terkecuali. Menggunakan masker kain minimal dua lapis yang dapat dicuci. Dapat membeli atau membuat sendiri minimal dua lapis, sesuai standar dan kebutuhan,” kata Gubri Syamsuar, Selasa, 12 Mei 2020. 

Dalam imbauan tersebut, Gubri juga meminta kepada masyarakat untuk tidak membeli masker medis. Karena masker tersebut untuk tenaga medis yang bekerja menangani pasien Covid-19 di wilayah Riau. 

Selain itu, masyatakat masih tetap diminta untuk tetap berada di rumah dan menjaga jarak aman. Biasakan hidup bersih dengan tetap mencuri tangan dan menjaga jarak dan menjaga etika batuk, bersin. Termasuk pengurus RT/RW untuk selalu mengingatkan warga agar menggunakan masker.

“Bagi yang ingin membantu sesama warga, maka bantulah dengan mengadakan memproduksi, dan membagikan masker kain bagi tang tidak mampu,” ujarnya.

Syamsuar mengungkapkan, kesadaran masyarakat Riau terhadap anjuran pemerintah agar tidak berkumpul dan keluar rumah masih rendah. Sejumlah Cafe, restoran dan pusat perbelanjaan di Kota Pekanbaru masih terpantau ramai dikunjungi masyarakat. Disisi lain wabah virus corona terus meluas. Tidak hanya di luar negeri, namun juga di Indonesia, termasuk di Riau.

"Saya melihat masyarakat kita masih biasa-biasa saja menghadapi wabah virus Corona. Kita berharap betul ada kesadaran dari masyarakat, bahwa apa yang kita lakukan ini adalah untuk menyelamatkan masyarakat, agar tidak semakin banyak yang terinfeksi virus corona," katanya.

Karena itu, ia mengingatkan agar masyarakat bisa menjaga jarak, menghindari kerumunan tidak membuat kegiatan yang melibatkan banyak orang. Sebab ditengah kerumunan tidak ada yang tau jika ada diantaranya yang positif. Sebab beberapa kasus pasien positif corona ada yang tidak menunjukkan gejala demam, batuk, sesak nafas dan bersin.

"Sekarang juga banyak walaupun masyarakat sehat, ternyata pas dicek positif Corona, itulah yang kita takutkan. Kita harapkan juga dukungan media dan dukungan masyarakat bahwa kita ingin menyelamatkan masyarakat kita agar tidak banyak nanti terkena virus Corona," kata Syamsuar. (Adv)

#Olahraga

Index

Berita Lainnya

Index