Sapi Bantuan Presiden Untuk Riau Berbobot 879,5 Kg

Sapi Bantuan Presiden Untuk Riau Berbobot 879,5 Kg
Ilustrasi sapi kurban

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Pemerintah Provinsi Riau, malui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH), telah menerima hasil seleksi bantaun sapi kurban dari Presiden RI Joko Widodo, dari Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) RI. Dari tiga ekor sapi yang diajukan, sapi milik M Rois, warga Jalan Pelita, Labuh Baru Barat Pekanbaru. 

Kadis DPKH Riau, Rahmat Setyawan, mengatakan, sapi milik Rois itu dibeli seharga Rp68 juta. Sebelumnya, sapi itu ditawarkan oleh pemiliknya dengan harga Rp77.352.000. Sapi milik Rois ini memiliki bobot 879,5 kilogram. Jenis Ras sapi ini merupakan persilangan sapi Brahman dan Angus.

"Berdasarkan evaluasi, baik proses administrasi, teknis dan harga sapi ini sudah sesuai dan wajar, harganya tak jauh beda dengan harga yang ditawarkan. Sapi tersebut dihargai sebesar Rp68 juta. Dari hasil survey, sapi ini juga memenuhi syarat kesehatan hewan,” jelasnya lagi. 

Lebih jauh dikatakan Rahmat, nantinya sapi ini akan diserahkan ke Pemprov Riau pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah. Rencananya, sapi ini akan diserahkan langsung oleh Gubernur Riau H Syamsuar, ke Pengurus Masjid Raya An Nur Provinsi Riau. Sapi bantuan Presiden Joko Widodo di Provinsi Riau. Telah di survei oleh tim terdiri dari Balai Veteriner Bukit Tinggi, Kementan RI, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi, serta Tim Dinas Pertanian Kota Pekanbaru.

"Dari tiga kandidat itu, akhirnya sapi milik M Rois, warga Labuh Barat Pekanbaru yang dipilih. Informasi tentang pengumuman pengadaan bantuan hewan Qurban itu, baru saja kita terima dari Setneg. Sapi itu telah menjalani seluruh proses kesehatan hewan, dan bebas dari penyakit hewan,” jelas Rahmat. 

Sebelumnya diberitakan, tiga ekor sapi bantuan Presiden telah di survei, diantaranta kandidat pertama pemilik sapi, Aprizal, jalan Purwodadi, Sialang Munggu, Tampa. Sapi jenis Simental, berat 820 Kg, umur 4 tahun dalam kondisi sehat. Kandidat sapi kedua, pemilik sapi Agus, dari Muara Fahar, Kecamatan Rumbai, jenis sapi Mix, berat 779,5 Kg, umur 4 tahun dalam kondisi sehat. 

Kandidat sapi ketiga, sapi milik Rois, jalan Pelita, Sidomulyo Barat, jenisa sapi Persilangan Brahman, Angus, dengan berat 879,5 Kg, kondisi sapi, testis tidak simetris, kaki silang. (MCR)

Berita Lainnya

Index