Penyembelihan Sapi Kurban Presiden RI Jokowi di Pekanbaru Disaksikan Gubernur Riau

Penyembelihan Sapi Kurban Presiden RI Jokowi di Pekanbaru Disaksikan Gubernur Riau
Proses penyembelihan sapi kurban Presiden RI Joko Widodo. (Foto MCR/Diskominfotik Riau).

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Penyembelihan Sapi kurban Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di masjid Raya Annur Pekanbaru, disaksikan langsung oleh Gubernur Riau, H Syamsuar. Kegiatan itu dimulai pada pukul 08.00 Wib, Sabtu (01/08/2020).

Sapi kurban milik Presiden Jokowi bobotnya lebih berat jika dibandingkan dengan Idul Adha tahun lalu. Tahun ini bobot sapi kurban beratnya mencapai 897 kilogram. Sedangkan tahun lalu, berat sapi kurban mencapai 720 kilogram. Selain bobotnya yang jauh lebih berat, jenis sapi kurban presiden Jokowi tahun ini juga berbeda dengan tahun lalu yakni sapi jenis Limosin. Tahun ini adalah sapi jenis persilangan antara sapi Brahman dan Angus, milik M Rois, warga jalan Pelita, Labuh Baru Barat Pekanbaru seharga Rp. 68 juta. Sebelumnya, sapi itu ditawarkan oleh pemiliknya dengan harga Rp77.352.000.

"Alhamdulillah pada hari ini kami telah menyerahkan sekaligus melaksanakan penyembelihan hewan kurban bapak Presiden RI Joko Widodo di masjid Raya Annur Pekanbaru. Meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19 kegiatan kurban di masjid Raya Annur berjalan lancar dan ada peningkatan dari jumlah hewan yang dikurbankan dari tahun sebelumnya," kata Syamsuar.

Pada hari Raya Idul Adha tahun ini ada 9 sapi kurban yang disembelih di masjid Raya Annur. Pada tahun sebelumya hanya 3 ekor sapi. Adapun rinciannya, sapi dari Gubernur Riau, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Danrem 031 Wirabima, Brigjen TNI M Syech Ismed, Ketua DPRD Riau, Indra Gunawan, dan pejabat Forkopimda lainnya. Termasuk sapi kurban Sekdaprov Riau, Yan Prana Jaya.

Kemudian, eksekutor yang melaksanakan penyembelihan sapi kurban adalah, Buya Zulhendri Rais, H Sebastian Syafrie, Ir Mahmud Arifin dan ustadz Nazri. Untuk pendistribusian daging sapi kurban, pihak panitia kurban Masjid Raya Annur akan membagikan kepada masyarakat sekitar masjid. Termasuk sejumlah panti asuhan dan masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu, pada tahun ini ASN di lingkungan pemprov Riau juga memberikan 30 ekor sapi kurban yang dikoordinasikan oleh Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat daerah Provinsi Riau dan telah didistribusikan ke 12 kabupaten/kota. (MCR)

Berita Lainnya

Index