Kasus Covid-19 Terus Melejit, Pemko Pekanbaru akan Sidak Protokol Kesehatan di Perkantoran

Kasus Covid-19 Terus Melejit, Pemko Pekanbaru akan Sidak Protokol Kesehatan di Perkantoran
Ilustrasi

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Kota Pekanbaru saat ini masih tinggi. Pertambahan yang cukup signifikan ini berawal dari klaster perkantoran.

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke perkantoran dan tempat kerja dalam upaya penegakan hukum bagi pelanggar protokol kesehatan.

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT mengatakan, ini dilakukan untuk memastikan penerapan protokol kesehatan secara maksimal di lokasi kerja. Tim gugus tugas akan turun ke instansi pemerintahan maupun swasta.

"Kita rencanakan sidak ke tempat kerja. Yang kita lakukan bukan penegakan hukum dalam artian secara tegas, tapi dalam bentuk pembinaan untuk menimbulkan kesadaran dan kemandirian menerapkan protokol kesehatan," jelas Walikota, Ahad (30/8/2020).

Nantinya, tim yang terdiri dari Pemerintah Kota, TNI Polri akan menyasar perkantoran dan lokasi kerja untuk pendisiplinan penerapan protokol kesehatan. Tim melakukan pembinaan terhadap pekerja terkait penerapan protokol kesehatan di lokasi kerja.

"Tim yang turun lebih mengutamakan upaya pembinaan bagi para pelanggar protokol kesehatan di tempat kerja," jelasnya.

Pemerintah dan masyarakat mesti lebih waspada lagi dalam ancaman penyebaran virus. Disiplin yang tinggi dalam menerapkan protokol kesehatan menjadi kunci dalam upaya memutus mata rantai penyebaran.

"Kondisi saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. Kalau kita lalai, rumah sakit tidak akan mampu menampung kita," jelasnya.

Saat ini, dari jumlah pasien positif covid-19, 60 sampai 70 persen merupakan orang tanpa gejala (OTG). Lebih dari 200 pasien positif yang tidak memiliki gejala melakukan isolasi secara mandiri.

"Sebagian besar mereka yang terpapar merupakan penularan dari tempat kerja, atau dari rekan kerja mereka. Oleh sebab itu butuh pendisiplinan penerapan protokol kesehatan di tempat kerja," tegasnya. (Cakaplah)

Berita Lainnya

Index