Disketapang Optimalisasi Peran SDM Dengan Menggaungkan

Disketapang Optimalisasi Peran SDM Dengan Menggaungkan
Kepala Disketapang Pekanbaru, Alek Kurinawan SP MSi

PEKANBARU - Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Pekanbaru perkuat peran Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini bertujuan untuk capaian hasil maksimal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Disketapang tersebut.

"Di Disketapang kami mengenal istilah Panca Cita, Panca Cita Pangan merupakan kumpulan 3 kata yang berarti 5 impian/cita-cita/rencana aksi untuk ketahanan pangan yang memadai. Salah satunya memuat tentang  Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia," kata Alek Kurniawan MSi selaku Kepala Disketapang Pekanbaru, pada Jum'at (23/10/2020).

Disebutkan Alek, penamaan istilah Panca Tangan dimaksudkan sebagai suksesi  untuk wujud nyata misi ke-4 KDH/ WK KDH Kota Pekanbaru 2017 – 2022 dalam Mewujudkan  Pembangunan Ekonomi Berbasiskan  Ekonomi Kerakyatan dan Ekonomi Padat  Modal. Hal ini sejalan dengan Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 101 tahun 2016 tentang Struktur Organiasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja (SOTK) Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru.

Ditambahkan Alek, isu utama tentang kualitas SDM adalah bagaimana optimalisasi penguatan SDM."Kekuatan birokrasi sebenarnya terletak pada SDM aparatur organisasi tersebut. Salah satunya, peran SDM Disketapang dapat merangkul partisipasi masyarakat," ujar Alek.

Dalam pandangan Alek, usaha penggaungan Panca Cita sejauh ini membuahkan respon positif di kalangan Keluarga Besar Dinas Ketahanan Pangan. "Meski dalam masa covid-19, tim di Disketapang tetap bergarak sesuai tupoksinya. Semoga haslinya berbuah positif," pungkasnya. (***)

Berita Lainnya

Index