Pemko Siap Dirikan Politeknik Negeri Pekanbaru

Pemko Siap Dirikan Politeknik Negeri Pekanbaru
Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar rapat persiapan pendirian Politeknik Negeri Pekanbaru yang dipimpin langsung oleh Wali kota Pekanbaru DR H Firdaus MT, pada Selasa (3/11/2020), di Ruang Rapat Wali Kota Komplek Perkantoran Tenayan Raya.

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar rapat persiapan pendirian Politeknik Negeri Pekanbaru yang dipimpin langsung oleh Wali kota Pekanbaru DR H Firdaus MT, pada Senin (2/11/2020), di Ruang Rapat Wali Kota Komplek Perkantoran Tenayan Raya.

Menurut orang nomor satu di Pekanbaru tersebut, penderian Politeknik terasa sangat penting di Kota Pekanbaru. Dengan tujuan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki keterampilan dan daya saing.

 "Kota Pekanbaru bergerak menjadi smart city yang madani, ada kawasan industri dan jugamerupakan kota Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (Mice,red). Untuk itu perlu adanya Politeknik yang menyiapkan SDM yang memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan dibidang tersebut," jelas Firdaus.

Dalam pembahasan yang alot hingga malam hari tersebut, Firdaus ingin para peserta rapat, yang terdiri dari OPD tekhnis dan instrumen terkait untuk serius menggarap pendirian politeknik pertama di Pekanbaru. "Kalau Pekanbaru maju, kita tak ingin masyarakat hanya jadi penonton. SDM kita yang harus bangun Pekanbaru ini kedepan. Salah satu caranya, menyiapkan mereka dengan bekal ilmu pengetahuan dan Keterampilan," sampainya.

Ditempat yang sama, Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru Ismardi Ilyas, menyebutkan, nantinya Polteknik ini bernama Politeknik Negeri Pekanbaru. Direncakan akan menerima mahasiswa baru, pada tahun 2021 mendatang.

"Awalnya ada empat jurusan yang kita akan ajukan, diantaranya, akutansi, pariwisata mice, rekayasa dan ada jurusan lainnya yang tengah dikaji," kata Ismardi Ilyas.

Dijelaskannya, minimal untuk pendrian Politeknik harus ada tiga prodi atau jurusan. Rencananya Politeknik ini akan dibangun di Tenayan Raya. 

"Untuk sementara pusat perkuliahan akan berada pada kantor Dinas Pendidikan yang lama. Laboratoriumnya tempat mahasiswa praktek akan berada pada Kantor Satpol PP lama yang asetnya milik Disdik Pekanbaru," urainya. (Advetorial)

Berita Lainnya

Index