Wali Kota Prediksi Rencana Belajar Tatap Muka Terbatas Mulai Akhir Januari 2021

Wali Kota Prediksi Rencana Belajar Tatap Muka Terbatas Mulai Akhir Januari 2021
Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT

PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Dr H Firdaus MT menyebut bahwa belajar tatap muka belum digelar di sekolah. Ia berencana menggelar belajar tatap muka secara terbatas di sekolah pada akhir Januari 2021 ini.

Belajar tatap muka digelar usai pemetaan wilayah resiko penularan covid-19. Ia memperkirakan sekitar 20 Januari 2021 nanti zona pemetaan tersebut rampung.

"Jadi kita rencanakan penguatan belajar daring dengan belajar tatap muka ini diharapkan ada kepastian pada akhir Januari ini," tegasnya, Kamis (14/1/2021).

Belajar tatap muka ditunda untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid-19 pasca libur natal dan tahun baru. Ia memprediksi puncak lonjakan kasus terjadi pada pertengahan bulan ini. 

Firdaus menyebut bahwa Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 pun melakukan pemetaan terhadap zona penularan covid-19. Ia mendorong tim sudah tuntas melakukan pemetaan sebelum akhir Januari.

"Jadi intinya sebelum akhir Januari ini dari tim satgas sudah dapat hasil pemetaan," jelasnya.

Pemerintah kota mempertimbangkan kondisi dari zona penularan covid-19 sebelum menggelar belajar tatap muka di sekolah. Ia menyebut penentuan sekolah belajar tatap muka sesuai peta dari zona resiko penularan.

Firdaus menyebut pemerintah hanya menggelar belajar tatap muka di zona kuning dan hijau. Kedua zona itu resiko penularannya rendah.

Saat ini dari hasil pemetaan awal ada empat kecamatan masuk zona oranye atau dengan resiko sedang. Kecamatan tersebut yakni Sail, Tenayan Raya, Marpoyan Damai dan  Bukit Raya.

"Saat ini belum ada zona hijau, mayoritas Kota Pekanbaru masih zona kuning," ulasnya. (***)

Berita Lainnya

Index