Wako Hadiri Panen Jagung Hibrida di Agrowisata

Wako Hadiri Panen Jagung Hibrida di Agrowisata
Wali kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT menghadiri acara Panen Jagung Pipil Hibrida Koperasi Riau Tani Berkah Sejahtera bersama Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Pekanbaru, Kamis (14/1/2021)

PEKANBARU - Wali kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT  menghadiri acara Panen Jagung Pipil Hibrida Koperasi Riau Tani Berkah Sejahtera bersama Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Pekanbaru, Kamis (14/1/2021). Panen ini merupakan Program Ketahanan Pangan di Lahan Demontrasi Plot (Demplot) di Kelurahan Agrowisata, Kecamatan Rumbai.

Turut hadir dalam kegiatan inu, Kepala Disketapang Kota Pekabaru Alek Kurniawan MSi, Perwakilan Dinas Pertanian, Dinas Koperasi UMKM, Dinas Pariwisata, dan Ade Daulay selaku Dirut PT SPM.

Dengan menanam jagung dengan jenis hibrida sangatlah mengntungkan, karena hasil meningkat lebih 20 % dibanding menanam jagung lokal. "Jika hasil panen meningkat, pendapatan dan kesejahteraan petani juga meningkat," kata Wali kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT.

Wali kota juga mengapresiasi petani jagung dalam meningkatkan produktivitas jagung di Kota Pekanbaru. "Kita perlu bersyukur panen jagung di di Kelurahan Agrowisata ini, menjadi upaya bersama untuk menjaga stabilitas pangan, apalagi di masa fase pandemi Covid-19 saat ini," sebut Wali kota.

Wali Kota karena bisa menunjang ketahanan pangan daerah dan mensukseskan program nasional diversifikasi pangan.

Wali kota juga bercerita, tahun 2015 lalu, juga ada kegiatan panen Jagung Hibrida  melalui APBN, namanya Upaya khusus Padi Jagung Kedelai (Upsus Pajale). 

"Pekanbaru di 2015 lalu mendapatkan program bantuan dari pemerintah pusat seluas 500 ha lahan jagung, dan kegiatan ini adalah panen pertama kalinya," kata Firdaus.

Dulu, Wali kota mengaku  belum cukup puas karena belum sesuai target,
dan karena produksinya belum maksimal. "Diharapkan mulai tahun 2021 ini hasilnya bisa lebih baik dan untuk kedepannya," katanya.

Ke depan, imbuhnya, bukan hanya jagung, tanaman komoditas lainnya juga akan kita wujudkan sehingga masyarakat benar-benar tangguh menghadapi pandemi yang kita alami. (***)

Berita Lainnya

Index