Jalan 70 dan Jalan 45 Akses Untuk Kemajuan Percepatan Ekonomi Masyarakat

Jalan 70 dan Jalan 45 Akses Untuk Kemajuan Percepatan Ekonomi Masyarakat
Wali kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT memimpin rapat lanjutan koordinasi terpadu terkait pembahasan Jalan 70 dan Jalan 45, di Kantor Camat Rumbai Timir, pada Selasa (19/1/2021)

PEKANBARU - Wali kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT memimpin rapat lanjutan koordinasi terpadu terkait pembahasan Jalan 70 dan Jalan 45.

Rapat yang dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis seperti Dinas Pertanahan, Dinas PUPR, Dinas Pertanian dan Perikanan, Pemerintah Kecamatan dan Perangkat Kelurahan Rumbai Timur dan tokoh masyarakat berlangsung di Kantor Camat Rumbai Timur, pada Selasa (19/1/2021).

Wali kota Pekanbaru, menyampaikan Jalan 70 melewati Okura ke pintu tol Pekanbaru - Dumai  sampai ke Jalan Yos Sudarso dengan panjang 12,8 kilometer. "Progresnya saat ini untuk pembebasan lahan sudah dibuka 7 kilometer. Sementara sekitar 6 kilometer kurang lagi, masih dalam tahap pembebasan secara konsinyasi tanah (KT,red)," tambahnya.

Untuk progres Jalan 45 yang menghubungkan Jalan Teluk Lembu Ujung menuju Kawasan Industri Tenayan (KIT) sekitar 6 kilometer juga masih dalam pembahasan KT. 

"Kedua jalan tersebut manfaatnya juga untuk masyarakat sendiri. Saat ini akses jalan ke Kelurahan Tebing Tinggi ke Okura belum memadai. Kita masih memanfaatkan Jalan Pramuka dan Jalan Raja Panjang yang berkapasitas hanya 5 ton. Semestinya untuk angkutan Insdustri, standarnya 8 ton," terangnya.

Padahal, kata Wali kota, minat masyarakat untuk berinvestasi di Kecamatan Rumbai Timur sangat tinggi. Hal ini terbukti telah dibukanya Perusahaan Pupuk di Kelurahan Tebing Tinggi Okura.

"Kita juga menjadikan Kelurahan Tebing Tinggi Okura sebagai Kawasan Industri Kecil-Menengah. Berbeda dengan KIT yang padat modal, Kawasan Indsutri ini hanya untuk industri makanan, minuman, konveksi dan lain sebagainya," kata Wali kota.

Wali kota menambahkan, jika rencana ini berjalan, itu sangat menguntungkan masyarakat. "Jika akses jalan ada, investasi masuk. Perusahaan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar. Selain itu harga tanah masyarakat sekitar Jalan 70 dan Jalan 45, tentunya naik," jelasnya.

Terakhir, Wali kota Pekanbaru mengucapkan terimakasih kepada perangakat Kecamatan, Kelurahan dan RT/RW yang telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pembebasan lahan untuk pembangunan infrastruktur jalan.

"Kami juga berterimakasih kepada masyarakat pemilik lahan yang sudah terbuka cakrawalanya untuk paham pentingnya infrastruktur tertama jalan. Karena untuk pemulihan ekonomi nasional, kita harus siapkan infrastruktur pentingnya. Terutama akses jalan, agar investasi masuk dan lapangan kerja terbuka," sampainya. (***)

Berita Lainnya

Index