Dinas PUPR Pekanbaru Siapkan Anggaran Rp13 Miliar Benahi 375 Titik Banjir Tahun Ini

Dinas PUPR Pekanbaru Siapkan Anggaran Rp13 Miliar Benahi 375 Titik Banjir Tahun Ini
Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Indra Pomi

PEKANBARU - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru telah menyiapkan anggaran untuk membenahi 375 lokasi rawan banjir pada tahun ini. Anggaran tersebut termasuk untuk pembangunan drainase di sekitar Kompleks Perkantoran Pemko Pekanbaru di Tenayan Raya. 

"Masterplan banjir sudah selesai pada akhir Desember 2020. Kami sedang berupaya untuk membuat Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan gubernur Riau dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," kata Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Poni Nasution, Rabu (20/1/2021). 

Berdasarkan masterplan, ada 375 titik banjir di Kota Pekanbaru. Titik banjir itu terdapat di Kecamatan Tampan (saat ini sudah dimekarkan menjadi Kecamatan Binawidya dan Tuah Madani), Kecamatan Payung Sekaki, jalan protokol, dan kawasan Pasar Bawah. 

"Dari 375 masalah banjir itu, kami fokus pada hal mendesak saja di dalam masterplan. Kami beraksi dengan mengerahkan pasukan Operasional dan Pemeliharaan (OP) atau disebut pasukan kuning," sebut Indra Pomi. 

Anggaran aksi untuk masterplan banjir ini sebesar Rp13 miliar. Di anggaran itu, ada gaji untuk pasukan kuning, kegiatan OP, dan pembangunan drainase di sekitar Kompleks Perkantoran Tenayan Raya. (***)

Berita Lainnya

Index