• Follow Us On : 
DPRD Pekanbaru Gelar Rapat Paripurna Pengesahan Perda Inovasi Daerah dan Perda Penyelenggaraan Penan Wawako menandatangani pengesahan Ranperda Inovasi Daerah dan Ranperda Penanggulangan Bencana di Daerah, pada Senin (15/3/2021)

DPRD Pekanbaru Gelar Rapat Paripurna Pengesahan Perda Inovasi Daerah dan Perda Penyelenggaraan Penan

Senin, 15 Maret 2021 - 14:58:19 WIB

PEKANBARU - Wakil Wali kota (Wawako) Pekanbaru, Ayat Cahyadi SSi bersyukur akhirnya dua rancangan peraturan daerah atau ranperda disahkan, Senin (15/3/2021). Proses pengesahan ranperda berlangsung dalam sidang paripurna di DPRD Kota Pekanbaru.

Kedua ranperda tersebut yakni Ranperda Inovasi Daerah dan Ranperda Penanggulangan Bencana di Daerah. 

"Kita bersyukur kedua ranperda tersebut sudah disahkan," ucapnya usai menghadiri sidang paripurna di DPRD Kota Pekanbaru.

Wawako mengingatkan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bisa menindaklanjuti ranperda tersebut. Ranperda Inovasi Daerah nantinya diharapkan jadi penyemangat bagi seluruh OPD.

Mereka bisa meningkatkan kinerja dengan membuat inovasi atau terobosan di masa pandemi covid-19. Adanya inovasi juga bisa mengoptimalkan pelayanan publik.

"Jadi seluruh OPD harus berinovasi, jangan sampai pandemi membuat ragu dalam meningkatkan kinerja," terangnya.

Ranperda Penanggulangan Bencana di daerah juga disahkan. Ia menyebut bahwa satu bencana yang mesti diantisipasi adalah kebakaran lahah.

OPD terkait mesti mengawasi kawasan rawan kebakaran lahan seperti Kecamatan Payung Sekaki. Banjir juga mesti jadi perhatian OPD terkait.

"Kita berupaya bencana ini kita antisipasi," jelasnya.

Ayat juga mengingatkan agar BPBD Kota Pekanbaru siaga menghadapi bencana. Ia menilai harus ada mitigasi terhadap bencana yang mengancam.

"Kita juga di masih dalam kondisi pandemi, maka kita dorong masyarakat juga disuntik vaksin," harapnya.

Usai paripurna, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri SE kepada wartawan mengatakan bahwa dua Ranperda yang baru saja disahkan tersebut telah melalui mekanisme dan tahapan yang panjang hingga pada akhirnya disepakati oleh anggota dewan untuk disahkan menjadi Perda.



Azwendi berharap Perda yang baru saja disahkan tersebut dapat segera dijalankan. Baik itu Perda Inovasi daerah maupun Perda Penanggulangan Bencana Daerah. "Perda ini memang agak terlambat, namun hari ini sudah kita laporkan dan sudah disahkan dan segera dilaksanakan," ujarnya.

Terkait Perda Penanggulangan Bencana, Politisi Demokrat ini menyebut bahwa di dalam Perda tersebut ada dua bencana yang masuk dalam kategori bencana alam seperti karhutla dan banjir. Meskipun Kota Pekanbaru tidak menjadi daerah penyumbang Karhutla terbanyak, tetapi hal ini perlu disikapi dan diantisipasi oleh Pemerintah Kota Pekanbaru.



Azwendi meminta Perda Penanggulangan Bencana yang baru disahkan tersebut agar mengikuti arahan provinsi seiring saat ini Provinsi Riau telah menetapkan siaga Karhutla.

"Untuk persoalan banjir tentu kita sepakat agar segera diatasi dengan cepat dan kita di DPRD support untuk penganggarannya, ditambah dengan masterplan penanganan banjir sebagai acuan kita untuk mengatasi persoalan banjir yang juga harus direalisasi," terangnya. (Galeri)


Akses Serambiriau.com Via Mobile m.Serambiriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT

Sapi Bantuan Presiden Untuk Riau Berbobot 879,5 Kg

Senin, 20 Juli 2020 - 13:25:30 WIB

Kasus Covid-19 Terus Melejit, Pemko Pekanbaru akan Sidak Protokol Kesehatan di Perkantoran

Senin, 31 Agustus 2020 - 09:38:29 WIB

Wawako Pekanbaru Serahkan Secara Simbolis Zakat Tahap IV Oktober 2019

Selasa, 08 Oktober 2019 - 21:46:47 WIB

Lima Kecamatan Ini Kasus DBD Masih Tinggi

Kamis, 02 Juli 2020 - 13:56:11 WIB

Kadisdukcapil Kota Pekanbaru Imbau Warga Punya Masalah Data Untuk Datang ke Kantor

Jumat, 07 Agustus 2020 - 15:48:14 WIB

Ketua DPRD Pekanaru : Pekanbaru Berkembang Pesat

Paripurna HUT Kota Pekanabaru ke 236

Rabu, 24 Juni 2020 - 12:49:22 WIB

BERGABUNG DI SINI