Kadis LHK Riau Panen Perdana 2 Ton Pupuk Kompos di Tahura SSH Minas

Kadis LHK Riau Panen Perdana 2 Ton Pupuk Kompos di Tahura SSH Minas
Kadis LHK Riau Panen Perdana 2 Ton Pupuk Kompos di Tahura SSH Minas

PEKANBARU - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau Mamun Murod melakukan panen perdana 2 ton pupuk kompos, di Kawasan Konservasi Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Hasyim (SSH) Minas, Kamis (1/4/2021).

"Hari ini merupakan panen perdana kurang lebih sebanyak 2 ton kompos, "kata M. Murod didampingi Kepala UPT KPHP Minas Tahura saat melakukan launching produk kompos yang diproduksi Koperasi Tahura Sejahtera, Kamis (1/4/2021) 

Direncanakan, produktifitas bisa meningkat sehingga bisa menjadi sumber pengadaan pupuk untuk masyarakat. 

Murod menambahkan, pembuatan pupuk kompos ini dalam rangka pemanfaatan sampah organik yang bersumber dari serasah di wilayah KPH MT, kawasan konservasi Tahura. 

Kemudian, sampah organik itu diolah menjadi kompos yang bermanfaat secara ekonomi dan lingkungan.

"Pembuatan kompos ini menjadi penting, karena kita mempunyai sumber bahan  baku yang melimpah. Selain itu, juga bisa memberikan manfaat nilai tambah untuk lingkungan yang lebih baik," paparnya.

Tidak hanya itu lanjut Murod, dengan adanya pengolahan pupuk kompos ini diharapkan menjadi bahan pembelajaran bagi masyarakat sekitar Tahura. 

Terutama untuk memanfaatkan limbah organik dan dimungkinkan menjadi sumber pupuk bagi masyarakat.

"Tahap awal ini sampah organik berupa serasah yang dikelola oleh Koperasi Tahura Sejahtera. Kedepannya akan direncanakan untuk bekerjasama dengan masyarakat setempat dalam pengelolaannya," ujarnya. 

Murod juga menyampaikan, jika pengelolaan Serasah menjadi pupuk kompos ini merupakan bagian dari upaya untuk mendukung kebijakan Gubernur Riau H Syamsuar. Terutama dalam mewujudkan gerakan 'Riau Hijau'. (Man) 

Berita Lainnya

Index