Pemko Pekanbaru Resmi Luncurkan Lima Unit Bus Vaksinasi Covid-19 Keliling

Pemko Pekanbaru Resmi Luncurkan Lima Unit Bus Vaksinasi Covid-19 Keliling
Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus MT secara meluncurkan bus vaksinasi covid-19 keliling, Kamis (27/5/2021)

PEKANBARU- Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus MT secara meluncurkan bus vaksinasi covid-19 keliling, Kamis (27/5/2021). Ia melepas bus vaksinasi keliling ini di Halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru.

Ada rencana bus ini mulai beroperasi secara penuh pada akhir pekan. Bus ini tahap awal berjumlah lima unit untuk mendukung percepatan vaksin secara reguler dan di lokasi khusus.

Armada bus vaksinasi keliling memiliki tim kesehatan yang melakukan vaksinasi secara mobile. Keberadaan bus ini merupakan inovasi ini untuk menjangkau vaksin bagi seluruh masyarakat.

Datuk Bandar Setia Amanah ini, mengatakan, bahwa keberadaan bus vaksinasi keliling untuk mengoptimalkan pemberian vaksin bagi masyarakat. Bus ini nantinya untuk tahap awal beroperasi di kelurahan yang masuk zona merah covid-19.

"Selain pelayanan vaksin reguler, kita lakukan percepatan di tempat khusus. Kita sediakan bus layanan keliling," ujarnya dalam sambutan.

Wali Kota, menyebut, bahwa layanan keliling ini untuk memperkuat vaksinasi di kelurahan. Camat dan lurah bisa mengkordinir jadwal bus vaksinasi keliling.

"Ini penguatan dalam upaya percepatan vaksinasi hingga ke RT dan RW, terutama di kelurahan yang berada di zona merah," terangnya.

Orang Nomor Satu di Pekanbaru ini, mengajak, masyarakat untuk mendukung upaya percepatan vaksinasi. Ia juga mengajak masyarakat berperan menekan angka penularan covid-19 agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Bus ini datang ke kelurahan, agar masyarakat lebih mudah mendapat vaksin," ujarnya.

Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus MT berharap, lima unit bus ini nantinya menjangkau langsung warga calon penerima vaksin.

"Dengan Bus ini tim akan bergerak ke lapangan untuk penyuntikan vaksin warga," katanya. 

Bus ini membawa tim vaksinator yang akan bergerak secara mobile. Bus juga menyasar kecamatan zona merah dan tempat strategis untuk melayani vaksin bagi masyarakat.

Walu Kota menyebut, kelompok lanjut usia (Lansia), rohaniawan, guru, dan pekerja ekonomi menjadi prioritas vaksin keliling ini. "Bus ini khusus untuk vaksin saja. Caranya hanya dengan bawa KTP kita dapat melayani vaksin terhadap kelompok prioritas penerima vaksin ini," jelasnya.

Khusus untuk kelompok Lansia, bagi yang belum memiliki KTP Pekanbaru, namun berdomisili di Pekanbaru tetap dapat melaksanakan vaksin. Tim juga masih membahas lebih lanjut untuk jadwal dan tempat vaksinasi keliling ini. (Adv)

Berita Lainnya

Index