Corona Ngegas, Wagub Riau Tancap Gas Siapkan 455 Nakes dan Ambulans

Corona Ngegas, Wagub Riau Tancap Gas Siapkan 455 Nakes dan Ambulans

PEKANBARU - Pemprov Riau langsung menyiapkan 60 unit mobil ambulans untuk menanggulangi COVID-19 yang semakin meningkat. Bahkan, 455 petugas medis (nakes) siap tempur menggunakan ambulans itu untuk menjemput pasien positif virus corona. 

Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution mengatakan, ambulans dan para petugas medis itu tugasnya menjemput warga yang tengah menjalani isolasi mandiri. Mereka akan dibawa ke tempat islolasi yang disediakan pemerintah. 

"Langkah ini sebagai upaya kita untuk memberikan perawatan yang jauh lebih baik diberikan pemerintah. Sehingga pemulihan juga cepat dan angka penularan semakin rendah," kata Edy, Kamis (15/7).

Alumni Akabri Angkatan Darat 1984 ini juga menyampaikan, pelayanan dan penanganan serius harus dilakukan untuk mempercepat memutus mata rantai penularan COVID-19.

"Masyarakat yang terpapar covid-19 itu akan ditempatkan di tempat isolasi yang disediakan. Gedung olahraga juga akan kita fungsikan menjadi tempat isolasi jika dibutuhkan," kata mantan Komandan Korem (Danrem) Wirabima Pekanbaru itu.

Tak hanya itu, Polda Riau turut menerjunkan 220 personelnya dan bergabung dengan petugas yang ada. Mereka ikut 'ngegas' corona agar tak makin banyak.

Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menambahkan, penambahan personel itu sebagai langkah menekan angka penyebaran COVID-19 di luar kebijakan PPKM yang telah diberlakukan.

"Sebanyak 220 personel nanti akan melakukan pengawalan, edukasi dan pengamanan di tempat isolasi yang telah disediakan oleh pemerintah," ucap Agung.

Perwira tinggi jebolan Akpol 1988 itu berharap, masyarakat yang melakukan isolasi mandiri mau menjalani isolasi di tempat yang disediakan pemerintah. 

"Sebab penanganan akan lebih maksimal dengan petugas yang profesional," jelasnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi mengatakan, kasus COVID-19 di Riau meningkat drastis. Bahkan penambahan kasus, Rabu (14/7) kemarin adalah kasus tertinggi di Riau yakni mencapai 978 kasus terkonfirmasi COVID-19.

Menurut Yovi, karena adanya penambahan yang drastis itu, membuat total terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 78.392 kasus. Rinciannya ada 5.219 isolasi mandiri, 931 rawat di rumah sakit, 70.143 sembuh dan 2.099 meninggal dunia. (MCR)

Berita Lainnya

Index