Kuliah Daring Terkendala Jaringan

Listrik Padam Jaringan Internet Hilang, Kok Bisa?

Listrik Padam Jaringan Internet Hilang, Kok Bisa?
Ilustrasi jaringan internet hilang

PEKANBARU - Pernah ngerasain hilangnya jaringan internet saat kuliah Daring atau proses belajar mengajar yang dilaksanakan secara jarak jauh melalui dalam jaringan? tentu ini menjadi penghalang untuk melanjutkan kuliah daring mu bukan?. Saat listrik padam berimbas pada gagal nya perangkat tersambung ke platform atau aplikasi tertentu untuk mengikuti kuliah daring. Nah hal ini sering terjadi di perkotaan maupun daerah-daerah yang jauh dari perkotaan. 

Masalahnya bukan pada padam listriknya dan butuh penerang untuk melanjutkan kuliah daring. Melainkan saat listrik padam berimbas pada putusnya jaringan internet milik operator. Kenapa bisa? Ya bisa, karena itu juga yang saya alami dan rasakan selama ini. Menurut Pengamat Telekomunikasi dan Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute, hilangnya sinyal ponsel ini karena terganggunya Base Tranceiver Station (BTS) milik operator. sumber utama BTS sendiri adalah listrik. 

Beberapa BTS bahkan tidak memiliki cadangan genset dan baterai, karena memiliki anggapan bahwa listrik PLN tidak akan pernah padam.

BTS merupakan infrastruktur telekomunikasi yang digunakan sebagai pemancar jaringan termasuklah internet.

Itu tadi alasan kenapa saat listrik padam jaringan internet pun ikut hilang ya sobat. (Man)

Berita Lainnya

Index