Sekdaprov Riau Ikuti Puncak Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional XXII 2021 Secara Virtual

Sekdaprov Riau Ikuti Puncak Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional XXII 2021 Secara Virtual
Sekdaprov Riau Ikuti Puncak Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional XXII 2021 Secara Virtual

PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto mengikuti acara puncak gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXII 2021 secara virtual di Ruang Kerja Sekdaprov Riau, Senin (20/9/2021).

Mengawali acara tersebut, Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Suprapedi yang sekaligus ketua pelaksana kegiatan  tersebut mengatakan kegiatan ini dalam rangka menjalankan amanat Undang-undang Desa Pasal 26 pembangunan wilayah pedesaan dilaksanakan dengan memperhatikan potensi lokal hidup.

"Dimana pembangunan wilayah desa ini dengan memperhatikan potensi lokal lalu dikembangkan dengan teknologi tepat guna dan inovasi yang terus ditingkatkan untuk kesejahteraan masyarakat pedesaan," katanya.

Selain itu, yang juga menjadi dasar hukum kegiatan ini yaitu Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2001 tentang penerapan dan pengembangan teknologi tepat guna. Untuk itu, Suprapedi melanjutkan tujuan digelarnya TTG ini untuk meningkatkan pendayagunaan TTG yang ramah lingkungan dan berkelanjutan menuju desa berdaya saing.

Adapun tujuan pelaksanaan TTG Tahun 2021 ini sebagai wadah bagi masyarakat untuk berinovasi sekaligus mempromosikan produk teknologi tepat guna kepada masyarakat.

Suprapedi menuturkan tujuan pelaksanaan ini juga sebagai memunculkan wirausaha baru yang memanfaatkan kegiatan usahanya sekaligus bekerja sama dengan pemangku kepentingan baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan kelompok masyarakat.

"Harapan kita melalui kegiatan teknologi tepat guna nini dapat mendukung pembangunan berkelanjutan di desa," sebutnya.

Berita Lainnya

Index