Akademika

Mahasiswa KKN UMRI Bantu Alat Produksi dan Pemasaran Mitra UMKM Ikan Salai

Mahasiswa KKN UMRI Bantu Alat Produksi dan Pemasaran Mitra UMKM Ikan Salai

SERAMBIRIAU.COM - Mahasiswa kelompok 23 KKN UMRI Melakukan kegiatan demonstrasi produk dan penyerahan alat produksi kepada Mitra UMKM Bapak H. Hawari yang diwakili oleh istri dan para pekerja yang berlangsung di Rumah produksi salai H. Hawari RT 01 RW 01 Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Binawidya, Kota Pekanbaru. 

Alat produksi yang diberikan oleh Mahasiswa Kelompok 23 KKN UMRI berupa alat Sealer Elektrik Vacum Food atau Vacuum makanan serta plastik kemasan dan stiker produk untuk membantu pengemasan packaging ikan salai agar terlihat lebih menarik dan lebih menaikkan harga jual. 

(19 September 2021) - Penyerahan bantuan alat tersebut diserahkan langsung oleh Bapak Lurah Tobek Godang, H. Yasir Arafat, S.Sos, kepada Istri dari Bapak H. Hawari yang mewakili. Penyerahan alat produksi tersebut juga dilakukan bersama Mahasiswa KKN UMRI kelompok 23. 
 "Semoga dengan adanya bantuan alat produksi ini disertai juga dengan kemasan yang sangat menarik, usaha UMKM ikan salai dari Bapak H. Hawari ini makin dikenal oleh masyarakat luar baik di pasar tradisional maupun pasar nasional juga diharapkan mampu dipasarkan dalam skala Internasional", ujar Bapak Yasir. 

Sebelum penyerahan alat produksi, mahasiswa KKN kelompok 23 UMRI juga membantu ibu-ibu pekerja dalam mengajarkan bagaimana cara melakukan pengemasan ikan salai yang baik dan menarik. Usai pengemasan, ibu-ibu pekerja juga diajarkan bagaimana cara pemasaran produk Ikan Salai dengan menggunakan akun sosial media yang sudah di daftarkan oleh mahasiswa KKN UMRI seperti Facebook dan Instagram. 

“Saya sangat berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa kelompok 23 KKN UMRI atas bantuannya dalam melakukan pemasaran produk ikan salai ini yang sudah didesain dengan semenarik mungkin. Dan saya berharap semoga dengan ini, produk UMKM Pak Hawari semakin di kenal banyak orang terutama di pasar tradisional maupun nasional dan juga diharapkan mampu dipasarkan dalam skala Internasional dan saya berharap kalian semoga sukses” ujar istri dari Bapak Hawari. 

Dengan disediakannya alat untuk membantu pemasaran produk 'UMKM IKAN SALAI' ini mahasiswa KKN UMRI berharap agar masyarakat sekitar khususnya RW 01 RT 01 kelurahan Tobek Godang bisa ikut serta dalam mendukung produk lokal/sekitar.

Selain memberikan bantuan berupa alat produksi kepada Mitra, Mahasiswa Kelompok 23 KKN UMRI juga melakukan pembuatan budidaya ikan lele dengan memanfaatkan drum bekas dan juga membuat hidroponik kangkung. Yang nantinya hidroponik kangkung serta bibit ikan lele tersebut dapat dimanfaatkan dan dikembangkan oleh warga setempat yang ada di Kelurahan Tobek Godang. (Man)

Berita Lainnya

Index