Bertemu Wali Kota, Dubes Uni Eropa Bahas Perkembangan Kota Pekanbaru

Bertemu Wali Kota, Dubes Uni Eropa Bahas Perkembangan Kota Pekanbaru
Pertemuan Jajaran Pemko Pekanbaru dengan Dubes Uni Eropa, di Komplek Perkantoran Wali Kota Tenayan Raya, pada Senin (15/11/2021)

PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru menerima kunjungan kehormatan dari Duta Besar (Dubes) Uni Eropa untuk Indonesia. Pertemuan dilakukan di ruang rapat Walu Kota Pekanbaru Gedung Utama Lantai V Komplek Perkantoran Tenayan Raya, Senin (15/11/2021).

Vincent Piket, Dubes Uni Eropa menjelaskan kunjungannya untuk bertukar pandangan tentang perkembangan Kota Pekanbaru  serta menjajaki potensi kerja sama antara Uni Eropa dengan Kota Pekanbaru 

Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus MT menyampaikan selaku pimpinan mengucapkan selamat datang berterima kasih atas kunjungan ini berharap ada manfaat dari kunjungan ini.

Dalam acara itu, ada berbagai pembahasan mengenai penguatan ekonomi dan potensi Kota Pekanbaru sebagai kawasan strategis di ASEAN.

Pemerintah kota sendiri saat ini, telah menyiapkan seluas 3.724 hektare  dengan lahan siap bangun 266 hektare yang didukung insfrastruktur jalan, listrik 495 mega watt, air bersih dan sanitasi. 

"Selain itu kita juga menyiapkan pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata Kota Pekanbaru. Kita melihat potensi letak Kota Pekanbaru  berada di tengah-tengah pasar, kalau kita melihat pasar dalam kawasan ASEAN," terang Wali Kota.

Dijelaskannya, kawasan agrowisata yang akan dikombain dengan Danau Bandar Khayangan di Rumbai Pesisir hingga ke kawasan Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan (Pekansikawan).

"Jadi kawasan KEK Pekanbaru itu agrowisata di Kecamatan Rumbai dengan skala sekitar 500 hektar untuk jangka panjangnya, nanti akan dikombain dengan Danau Khayangan di Rumbai Pesisir. Itu sekaligus dilengkapi dengan potensi Sungai Siak sebagai wisata air, sehingga ada wisata berjalan dari hulu Sungai Siak sampai ke Tenayan Raya atau bisa sampai ke Kota Siak, kawasan Pekansikawan," ungkap wali kota.

"Sekali lagi, Pekanbaru itu sangat-sangat strategis dalam pengembangan industri pariwisata," sambung wali kota.

Sementara itu, Asisten I Setdako Pekanbaru Syoffaizal yang menyambut langsung kedatangan Dubes Uni Eropa ini, menyampaikan, ada beberapa potensi kerjasama antara Pemko Pekanbaru dan Uni Eropa. Dirinya berharap, ada hasil positif dari pertemuan tersebut bagi kedua belah pihak. 

Berita Lainnya

Index