Kado HUT MPP yang ke-3, DPM-PTSP Dihadiahi Penghargaan Pelayanan Prima Oleh Kemenpan RB

Kado HUT MPP yang ke-3, DPM-PTSP Dihadiahi Penghargaan Pelayanan Prima Oleh Kemenpan RB
Bersama Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus MT (tengah), Kadisdukcapil Irma Novirta (kiri), Kepala DPM-PTSP Pekanbaru Akmal Khairi memperoleh penghargaan pelayanan prima untuk DPM-PTSP Pekanbaru dengan nilai AA dari Kemenpan RB

JAKARTA - Berdasarkan hasil evaluasi atas kinerja Unit Peyelenggara Pelayanan Publik Tahun 2021 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), DPMPTSP Kota Pekanbaru kembali Meraih Penghargaan Pelayanan Prima dari Kementerian PANRB  untuk yang keempat kalinya secara berturut-turut dari tahun 2018 dengan memperoleh Nilai (AA), Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri  PAN RB Tjahjo Kumolo SH kepada  Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru Akhmal Khairi S Thi MH, yang InterContinental Jakarta Pondok Indah, Selasa (8/3/2022).

Disdukcapil Pekanbaru yang berada di Komplek Mal Pelayanan Publik juga berhasil meraih Penghargaan Pelayanan Prima dengan nilai (AA) dari Kementerian PANRB untuk yang pertama kalinya. Selain itu Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT berhasil meraih penghargaan sebagai Pembina Pelayanan Publik terbaik Nasional Kategori Pelayanan Prima tiga kali berturut - turut pada tahun 2019, 2022 dan 2021 dan diberikan Adicita Sewaka Pertiwi.

Untuk DPM-PTSP sendiri, ini merupakan hadiah spesial, karena bersampena dengan HUT Mal Pelayanan Publik yang ke-3 tahun. Angka tiga tersebut seakan menjadi keberuntungan sendiri, pasalnya penghargaan ini merupakan kali ketiga secara berturut - turut dirauh DPM-PTSP Pekanbaru dari Kemenpan RB.

Pelaksanaan evaluasi pelayanan publik menekankan penilaian pada enam aspek yang mendorong unit penyelenggara pelayanan publik untuk dapat memberikan layanan yang prima. Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No. 17/2017, enam aspek tersebut adalah kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik.

Kepala DPM-PTSP Pekanbaru Akhmal Khairi usai acara, merasa sangat bersyukur atas capaian tersebut. "Alhamdulillah MPP Pekanbaru sudah berulang tahun yang ke tiga. Alhamdulillah juga, DPM-PTSP masih diberikan penghargaan sebagai pelayanan prima terbaik," ucapnya

Untuk kedepan, Kata Akmal, pihaknya akan mengupgrade sistem layanan MPP Pekanbaru untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik lagi kedepannya. "Dengan perkembangan digitalisasi, tentu inovasi dalam pelayanan juga kita tingkatkan. Karena ada beberapa sistem layanan yang perlu di upgrade untuk disinkronkan dengan pembaruan kualitas pelayanan yang lebih cepat dan banyak lagi," sampainya.

Dalam dua bulan kedepan DPM-PTSP Pekanbaru akan melaunching aplikasi PIC (Pekanbaru Invesment Center).  Didalam apilikasi tersebut akan ada peta digital, GIS, Klinik LKPM dan UMKM Pekanbaru. "Kita tentu terus berinovasi sesuai arahan pimpinan Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus MT. Seperti pesan pimpinan kalau tidak berinovasi kita bisa mati," pungkasnya. 

Berita Lainnya

Index