Dialog Terbuka, Pj Wali Kota Ajak Semua Pihak Berkolaborasi Atasi Permasalahan Sampah

Dialog Terbuka, Pj Wali Kota Ajak Semua Pihak Berkolaborasi Atasi Permasalahan Sampah
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Riau bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengadakan kegiatan dialog interaktif bersama Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP, pada Minggu malam (17/7/2022)

PEKANBARU - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Riau bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengadakan kegiatan dialog interaktif bersama Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP, pada Minggu malam (17/7/2022). Selain Pj Wali Kota ada 6 narasumber lainnya yang tereiri dari Ketua DPRD, Kepala OPD PUPR dan DLHK Pekanbaru, TNI/Polri, aktifis serta pengamat lingkungan hidup.

Bertempat di Rumah Singgah Tuan Kadi, di jalan Perdagangan Kecamatan Senapelan Pekanbaru, kegiatan tersebut mengusung tema "Wali Kota Menyapa Mahasiswa Bangkit Pekanbaru Gemilang".

Pada kegiatan tersebut turut hadir Ketua DPRD kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi ST, Sekdako, H Muhammad Jamil MAg MSi, Asisten I Setdako, Drs Syoffaizal MSI, Asisten III Setdako, Maskur Tarmizi, Kadis PUPR kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution ST MSi, Kadis LHK kota Pekanbaru, Hendra Afriadi SH, Dandim 0301 Pekanbaru, Kol Inf Nur Rohman Zein SE, Plh Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Ahmad Mamora SIK.

Dalam momen ini, juga turut dilangsungkan peluncuran dan penetapan pengurus gerakan Relawan Peduli Lingkungan (Replik) Pekanbaru.

Pj Walikota selaku pihak yang ditunjuk sebagai pembina gerakan Replik, terpantau menetapkan para pengurus dengan pemasangan kain sebagai simbolis kepada Ketua Umum (Ketum) Replik, Moh Ridho.

Dalam sambutannya, Muflihun memberikan arahan kepada kepengurusan Replik Pekanbaru untuk mengajak masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan.

"Kepada pengurus Replik, saya himbau, bantu pemerintah kota Pekanbaru untuk mengedukasi masyatakat terkait pembuangan sampah," ajak Muflihun.

Ia juga mengatakan bahwa selaku pembina Replik, akan bergerak bersama pengurus Replik untuk mengatasi permasalahan sampah dan banjir.

"Saya setelah ditunjuk sebagai pembina, akan merangkul semua pengurus untuk bergerak dilingkungan masing-masing untuk menciptakan gerakan peduli. Tentunya kepedulian itu harus dari lingkungan masing-masing. Ini gunanya untuk menciptakan lingkungan bersih bebas dari sampah dan banjir," imbaunya.

Persoalan mengenai masalah persampahan, banjir serta gallian IPAL yang berdampak buruk bagi masyarakat, dibahas dan dikupas tuntas dalam dialog ini.

"Penanganan banjir dan sampah di Pekanbaru, untuk langkah awal Pemko Pekanbaru telah menerbitkan surat edaran kepada Camat, Lurah, RT/RW dan pemilik ruko. Kita semua harus berkolaborasi, mulai dari ujung tombak Kelurahan bersama Babinsa dan Babinkhamtibmas harus memantau kebersihan di wilayah masing - masing. Sementara pemilik ruko sudah diterbitkan himbauan agar menyediakan bak sampah dan bak kontol air," ujar Pj Wali Kota.

Dengan Kolaborasi semua pihak, Pemko Pekanbaru ingin kembali mengetuk hati masyarakat, bahwasanya permasalahan sampah dan banjir perlu kepedulian bersama. Mulai dari langkah kecil membuang sampah organik dan non organik pada tempatnya.

Sementara galian IPAL yang meresahkan masyarakat di Kecamatan Sukajadi dan sekitarnya, menurut Kepala Dinas PUPR Indra Pomi, maayarakat diminta bersabar dalam masa pemeliharaan setahun ini.

"Kalau penghujung tahun masih belum selesai, pihak kontraktor akan di denda. Galian IPAL, untuk saat ini belum terasa berguna bagi masyarakat. Kalau sudah berfungsi, tentu sangat berdampak baik bagi lingkungan. Pasalnya air limbah akan dipisah, sehingga parit - parit di Pekanbaru akan kembali bersih," paparnya. (Adv)

Berita Lainnya

Index