Serahkan Langsung SPKO Kepada Ormas, Ini Pesan Kepala Badan Kesbangpol

Rabu, 25 November 2020 | 10:26:42 WIB
Zulhami Adrian, menyerahkan langsung Surat Pencatatan Keberadaan Organisasi ( SPKO ) langsung kepada Perkumpulan Hong Tek Tong ( HTT ), di Jalan Karya Indah Kelurahan Air Hitam, pada Selasa (24/11/2020) kemarin

PEKANBARU - Kepala Bandan Kesatuang Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru, Zulhami Adrian, menyerahkan langsung Surat Pencatatan Keberadaan Organisasi ( SPKO ) langsung kepada Perkumpulan Hong Tek Tong ( HTT ). Penyerahn ini berlangsung di Sekretariat HTT Pekanbaru Jalan Karya Indah Kelurahan Air Hitam, pada Selasa (24/11/2020) kemarin.

"Perkumpulan warga Tionghoa ini bergerak dibidang sosial dan budaya, tercatata memiliki anggota lebih kurang 2000 orang," ujar pria yang akrab disapa Bang Zoel itu, pada Rabu (25/11/2020).

Dipaparkannya, berdasarkan peraturan pemerintan RI nomor 54 tahun 2016 tentang pelaksanaan UU  No 16 tahun 2017 tentang penetapan pelaturan pemerintah pengganti UU No 17 tentang organisasi kemasyarakat (Ormas) menjadi UU.

"Berdasarkan pasal 5 ayat (1) bahwa Ormas berbadan hukum dinyatakan terdaftar, setelah pendapatkan pengesahan badan hukum dari menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintah dibidang hukum dan hak asasi manusia," jelas Zoel.

Sementara di pasal 9 lanjutnya, Ormas yang mendapatkan pengesahan badan hukum (di pasal 5 ayat 1). Pengurus Ormas  melaporkan keberadaanya kepengurusan di daerah kepada Pemerintah Daerah setempat dengan melampirkan surat keputusan pengesahan status badan hukum dan susunan kepengurusan di daerah.

Zoel juga menyebut, memperhatikan SK Kemenkumhamnya, HTT telah melaporkan di kantor Kesbangpol.

Kaban Kesbangpol juga berpesan kepada pengurus dan anggota HTT agar dapat bersama sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa bersama Pemerintah dan Instansi Vertikal.  

"Contohnya, dengan menjadi pelopor pencegah bahaya narkoba, mensukseskan himbauan pemerintah dalam melaksanakan 4M protokol kesehatan, yakni, memakai masker, mencuci tangan di air mengalir, menjaga jarak fisik dan menghindari kerumunan," ujarnya.

Zoel juga mengajak seluruh Ormas di Pekanbaru untuk mencermat infomasi yang belum tentu benar ditengah masyarakat. "Mari bersama-sama memerangi hoax, karena dampaknya dapat memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia," imbaunya. (***)

Terkini