Gelar Aksi Solidaritas Tewasnya Randi, IMM Riau Gelar Salat Ghaib di Depan Polda Riau

Gelar Aksi Solidaritas Tewasnya Randi, IMM Riau Gelar Salat Ghaib di Depan Polda Riau
Massa saat melaksanakan Salat Ghaib berjamaah

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Ratusan massa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Imm) mengelar aksi damai aksi damai solidaritas paska tewasnya kader IMM Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (1/10/2019).

Aksi damai yang berlangsung di depan POLDA Riau tepatnya di Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru tersebut juga diikuti sejumlah mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Riau.

Sesampainya disana massa aksi mengatur barisan, kemudian mulai berorasi, membacakan puisi dan membacakan tuntutan kepada kepolisian untuk mengusut tuntas oknum penembak Immawan Randi di Kendari.

Sementara sebelum orasi disampaikan, dihadapan mereka sudah tersusun rapi aparat pengaman untuk menjaga aksi tetap berjalan kondusif.

Korlap aksi Herman Azhar dalam orasinya mengatakan, "Aksi kami hari ini bertujuan untuk menuntut pihak kepolisian agar segera mencari dan menangkap siapa oknum penembakan tersebut dan diadili seberat mungkin,” ungkapnya

Orasi kembali dilanjutkan IMMawan Alpin Jarkasi Husein Harahap dalam orasinya yang lantang mengatakan, "Kami berharap dengan adanya Kapolda Riau yang baru, agar menunjukkan keberpihakannya kepada masyarakat. Dan kita juga berharap bukan hanya mengusut tuntas tragedi penembakan terhadap IMMawan Randi tapi juga meminta ketegasan dan keseriusan darinya untuk menertibkan korporasi-korporasi pembakar hutan dan lahan di Provinsi Riau," pungkasnya.

Alpin juga menambahkan, "kami berharap agar pihak kepolisian memang menjalankan tugasnya sebagai pengayom dan tidak melakukan tindakan represif terhadap massa aksi yang melakukan demonstrasi dimanapun berada" tutupnya.

Setelah puas berorasi massa aksi melaksanakan salat dzuhur berjamaah di depan POLDA Riau yang diimami oleh Ketua PC IMM Kota Pekanbaru Nofra Khairon dan dilanjutkan dengan Salat Ghaib berjamaah yang di imami oleh Wadir Binmas POLDA Riau AKBP. H. Imam Saputra S.Ik., M.Si.

Setelah sholat selesai, massa melanjutkan aksinya dengan memasangkan pita hitam di lengan polisi dan membagikan setangkai bunga sebagai bentuk wujud duka terhadap tewasnya IMMawan Randi. (rls/src)

Berita Lainnya

Index