• Follow Us On : 
Ikon Wisata Riau ISTANA SIAK Ditutup Mendadak, Kadis Pariwisata Mengaku Tidak Tahu  Istana siak/Internet

BREAKING NEWS

Ikon Wisata Riau ISTANA SIAK Ditutup Mendadak, Kadis Pariwisata Mengaku Tidak Tahu 

Kamis, 14 November 2019 - 17:01:48 WIB

SIAK, SERAMBIRIAU.COM - Ikon wisata sejarah di Riau yakni Istana Siak ditutup mendadak pada Kamis (14/11/2019), siapa yang perintahkan ditutup masih misteri, karena Kadis Pariwisata mengaku tidak tahu.

Kasi Pengelolaan Istana Dispar Siak memerintahkan kepada petugas jaga Istana Siak untuk menutup Istana Siak pada Kamis (14/11/2019), namun siapa atasan Kasi Pengelolaan Istana Dispar Siak yang memberi perintah Istana Siak ditutup masih misteri.

Kasi Pengelolaan Istana Dispar Siak tersebut tidak menjelaskan alasan Istana Siak ditutup.

"Perintah dari Kadis, Istana Siak ditutup untuk umum," kata Junaidi, petugas Dinas Pariwisata pada ticketing Istana Siak. 

Junaidi mendapat perintah Istana Siak ditutup itu melalui Kasi Pengelolaan Istana Dispar Siak. Petugas awalnya sudah pada datang untuk melaksanakan pekerjaan sebagaimana hari biasanya di Istana Siak, namun tiba-tiba ada perintah Istana Siak ditutup untuk umum tanpa diberitahu alasannya.

"Sebagian petugas ada yang kembali pulang ada juga yang stay di Istana Siak. Tadi ada wisatawan, saya sampaikan hari ini Istana Siak ditutup untuk umum," kata dia.

Menurut Junaidi, tingkat kunjungan akhir-akhir ini mulai berkurang. Ia tidak tahu sampai kapan Istana Siak tersebut ditutup untuk umum. Kepala Dispar Siak Fauzi Asni justru mengaku tidak tahu Istana Siak ditutup.

Alasannya sedang berada di luar daerah. "Saya belum tahu karena saya berada di luar daerah," katanya saat dikonfirmasi.

Istana Siak dan Peninggalan Raja Istana Siak Sri Indrapura atau Istana Asserayah Hasyimiah atau Istana Matahari Timur merupakan kediaman resmi Sultan Siak yang mulai dibangun pada tahun 1889, yaitu pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim.

Istana ini merupakan peninggalan Kesultanan Siak Sri Indrapura yang selesai dibangun pada tahun 1893. Kini peninggalan kerajaan Melayu yang terletak di Kota Siak Sri Indapura, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, menjadi satu wisata unggulan yang ramai dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri. Istana ini terletak tak jauh dari pelabuhan dan menghadap Sungai Siak.

Istana Siak Sri Indrapura atau Istana Asserayah Hasyimiah atau Istana Matahari Timur merupakan kediaman resmi Sultan Siak yang mulai dibangun pada tahun 1889.

Tak hanya cantik karena perpaduan arsitektur Melayu, Eropa, dan Arab, sejarah yang disimpan di Istana Siak Sri Indrapura juga menarik. Sekarang Istana Siak Sri Indrapura dijadikan tempat penyimpanan benda-benda koleksi kerajaan antara lain: kursi singgasana kerajaan yang berbalut emas, duplikat mahkota kerajaan, brankas kerajaan.

Payung kerajaan, tombak kerajaan, komet sebagai barang langka dan menurut cerita hanya ada dua di dunia serta barang-barang lainnya. Lantai bawah dibagi menjadi enam ruangan sidang: ruang tunggu para tamu, ruang tamu kehormatan, ruang tamu laki- laki, ruang tamu untuk perempuan, satu ruangan di samping kanan adalah ruang sidang kerajaan, juga digunakan untuk ruang pesta.

Lantai bawah dibagi menjadi enam ruangan sidang: Ruang tunggu para tamu, ruang tamu kehormatan, ruang tamu laki- laki, ruang tamu untuk perempuan, satu ruangan di samping kanan adalah ruang sidang kerajaan, juga digunakan untuk ruang pesta. Kini setiap ruang sidang diilustrasikan melalui patung lengkap dengan busana khas Melayu.

Kini setiap ruang sidang diilustrasikan melalui patung lengkap dengan busana khas Melayu. Istana yang tampak megah ini memiliki corak-corak khas Melayu, Arab, dan Eropa.

Berbagai pernak-pernik ruangan, diimpor langsung dari Eropa dan Arab. Jadi jangan heran bila berkunjung kesini, menyaksikan betapa megahnya Istana Siak pada masa itu.

Jarang ada diIndonesia yang masih melestarikan benda-benda peninggalan ketika masa kesultanan. Di Istana Siak inilah kamu bisa melihat benda-benda peninggalan para Sultan yang tetap awet dan terawat. Di Siak inilah kamu bisa melihat benda-benda peninggalan para Sultan yang tetap awet dan terawat.

Dan para pengunjung kesini tak ada henti-hentinya, apalagi ketika weekend. Selama liburan akhir tahun 2017 dan awal 2018 yang juga bertepatan dengan libur anak sekolah.

Tercatat pengunjung yang masuk ke Istana Siak berjumlah sekitar 185 ribu orang. Itulah pesona Istana Siak Sri Indrapura yang bisa menjadikan destinasi wisata ketika berkunjung di Riau. Dari Kota Pekanbaru dapat ditempuh jalur darat selama dua jam perjalanan. (Tribun)


Akses Serambiriau.com Via Mobile m.Serambiriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT

BRGM Tumbuh Bersama Masyarakat, Tangguh untuk Indonesia

Selasa, 17 Agustus 2021 - 21:56:20 WIB

Antisipasi Hoaks, Fikom UIR Gelar Pengabdian Literasi Media

Ahad, 14 Maret 2021 - 19:56:38 WIB

Ini dia Sindikat Penjual Surat Sehat Bebas Covid-19, Begini Modusnya

Sabtu, 16 Mei 2020 - 14:47:36 WIB

Penambahan 1 Kasus Positif Covid-19 di Riau, Total Jadi 35 Kasus

Selasa, 21 April 2020 - 18:02:48 WIB

Belum Ada yang Sembuh, Kasus Covid-19 di Dumai Jadi Perhatian Utama Tim Riau

Kamis, 30 April 2020 - 12:25:41 WIB

HUT TNI Ke-77, Bupati Inhil HM WARDAN Ajak Semua Elemen Tumbuhkan Semangat Persatuan

Rabu, 05 Oktober 2022 - 17:39:30 WIB

BERGABUNG DI SINI