Banjir di Rohul Rendam 2 Sekolah, Akses Jalan Lintas Masih Putus

Banjir di Rohul Rendam 2 Sekolah, Akses Jalan Lintas Masih Putus
Banir Rokan Hulu

ROKAN HULU, SERAMBIRIAU.COM - Banjir masih menggenangi sejumlah desa di Kecamatan Bonai Darusalam, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, Ahad (1/12/2019). Tak hanya merendam rumah warga, banjir juga sudah merendam sekolah sehingga menganggu aktifitas belajar mengajar.

Daerah terparah yang terkena banjir di Kecamatan Bonai Darusalam yakni Desa Kasang Padang dan Desa Bonai Darusalam. Ketinggian air di desa ini mencapai 80 cm.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Rokan Hulu, Drs Ibnu Ulya M.Si, mengatakan, saat ini ada dua sekolah yang terendam di Desa Bonai Darusalam yaitu SMPN 5 Bonai Darusalam dan SDN 07 Dusun Kasang Salak, Desa Bonai Darusalam. Banjir merendam dua seklolah tersebut, setinggi 40-80 Centimeter dan sudah masuk hingga ke ruangan kelas belajar.

“Kita sudah instruksikan, jika hingga besok air tidak surut, maka kita minta pihak sekolah meliburkan aktivitas belajar mengajar selama 2 hari. Dan jika masih banjir libur diperpanjang 2 hari ke depan,” cakap Ibnu Ulya.

Jalan Masih Putus

Sementara itu banjir di 3 Desa seperti Desa Sontang, Desa Kasang Mungkal Dan Desa Teluk Sono mulai brangsur surut meskipun air banjir masih menggenangi halaman rumah warga.

Sekretaris Desa Desa Sontang, Mulyadi menyampaikan, banjir di Desa Sontang saat ini sudah mulai surut, namun sejumlah rumah warga saat ini masih tergengang banjir setinggi 40 cm. Banjir juga masih merendam 2 masjid dan dua surau di Desa Sontang.

“Alhamdulihal kalau hari ini banjir di Desa Sontang sudah mulai berangsur surut meskipun masih ada rumah warga yang tergenang banjir. Tapi tak setinggi banjir kemarin yang ketinggian airnya mencapai 80 centimeter,” ujarnya, Ahad (1/12/2019).

Mulyadi menyebutkan, meski banjir di beberapa desa saat ini sudah mulai berangsur surut, namun jalan Lintas Provinsi Riau Rohul-Bengkalis masih terputus karena tergenang banjir.

“Saat ini akses lalulintas masih putus di Desa Kasang Padang, yang menghubungkan antara Desa Sontang dan Desa Kasang Padang. Jalan itu hanya bisa dilalui truk fuso, sementara untuk kendaraan pribadi tidak bisa lewat karena airnya tinggi,” terang Mulyadi. (Ckp)

Berita Lainnya

Index