Mahasiswa PBInd Gelar Traveling Educations ke Museum Sang Nila Utama

Mahasiswa PBInd Gelar Traveling Educations ke Museum Sang Nila Utama
Mahasiswa PBInd Gelar Traveling Educations ke Museum Sang Nila Utama

SERAMBIRIAU.COM, PEKANBARU - Puluhan mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia(PBInd) UIN Suska Riau mengikuti kegiatan traveling education, Kamis, 05 Desember 2019.

Keseruan mahsiswa yang ikut dslam kegiatan ini memberi semangat baru terkhusus bagi sejumlah mahasiswa angkatan 2018 melalui kunjungan ke museum daerah Sang Nila Utama Riau di Jalan Sudirman 194 Pekanbaru.

Rombongan yang terdiri atas 54 mahasiswa ini dibimbing langsung oleh dua orang dosen PBInd, yakni Vera Sardila, MPd dan Dr, Herlinda, MA. 

Melalui tema Bedah Sejarah Bahasa Melayu di Riau diharapkan kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai penunjang kemampuan akademik mahasiswa dalam pemahaman dan penguatan pengetahuan budaya dan bahasa melayu secara historis, hingga tumbuhkan kecintaan dalam memelihara budaya daerah sebagai kearifan lokal.

Pada kesempatan ini rombongaan mahasiswa disambut hangat oleh beberapa petugas museum. Sebelum masuk museum, salah seorang pemandu petugas memotivasi dan juga menguji pengetahuan mahasiswa  seputar wilayah Riau dan Pekanbaru melalui kuis untuk memperbutkan dua buku agenda berlogo museum Sang Nila Utama. Keceriaan sangat tergambar dari raut wajah mereka.

Salah seorang mahasiswa PBInd UIN Suska Riau Alizia mengatakan, dengan mengikuti kegiatan ini dirinya bisa mendapatkan banyak wawasan tentang budaya Melayu.

"Saya sangat terkesan dengan berkunjung ke museum ini,  banyak hal baru yang diperoleh dan menambah wawasan tentang budaya Melayu, apalagi kami ke museum ini lebih memilih menggunakan busTrans Metro Pekanbaru (TMP), dan ini menyenangkan sekali," katanya. 

Kegiatan ini berakhir pada pukul 11.00 Wib dengan foto bersama di tangga pintu masuk museum. (Src/Sug)

Berita Lainnya

Index