Olahraga

PON XX Papua 2020 Resmi Ditunda Hingga Oktober 2021

PON XX Papua 2020 Resmi Ditunda Hingga Oktober 2021
PON XX Papua 2020 Resmi Ditunda Hingga Oktober 2021

SERAMBIRIAU.COM - Usai melakukan Rapat Terbatas (Ratas) virtual dengan Presiden Joko Widodo, pada Kamis, 23 April 2020, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menyampaikan bahwa secara resmi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang sedianya akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2020 ditunda hingga bulan Oktober tahun 2021 mendatang, karena pandemi Coronavirus disease (Covid-19).

"Saya baru saja mengikuti Rapat Kabinet Terbatas yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden dengan agenda tunggal, yakni pembahasan tentang kelanjutan PON XX Papua yang direncanakan dilaksanakan pada Oktober 2020 ditunda menjadi bulan Oktober tahun 2021," kata Menpora saat video conference bersama awak media.

Menurut Menpora, keputusan itu diambil usai Presiden mendapatkan beberapa masukan dan laporan dari Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) dan Menpora tentang kondisi terakhir persiapan pelaksanaan PON.

Laporan ini terutama tentang kondisi venue, pekerjaan-pekerjaan lain yang sudah selesai dan belum selesai, penginapan, pengadaan peralatan, kesiapan kontingen hingga kesiapan panitia besar penyelenggara PON.

"Atas pertimbangan, laporan dan beberapa masukan itu Presiden memutuskan pelaksanaan PON XX Papua dan Peparnas XVI yang sedianya akan dilaksanakan pada Oktober 2020 ditunda menjadi bulan Oktober tahun 2021," ujar Zainudin melanjutkan.

Menurutnya, ditetapkannya PON pada bulan Oktober tahun 2021 terkait beberapa agenda kegiatan olahraga yang akan akan dilaksanakan pada tahun 2021.

"Kita mulai bulan April 2021 sudah ada kegiatan kemudian Mei-Juni kita tahu itu ada Piala Dunia. Kemudian Juli ada Asean School Games, Olimpiade dan Paralimpic Tokyo yang tadinya juga 2020 ini, tapi ditunda menjadi Juli. Agustus 2021 ada juga Islamic Solidarity Games, ada Haornas, ada World Beach Games (tentative), Popnas dan Peparnas," kata Menpora.

Ia menjelaskan, dengan padatnya jadwal ini, maka waktu yang tersedia adalah bulan Oktober 2021 dan diusulkan untuk pelaksanaan PON XX serta Peparnas XVI. Usulan ini pun akhirnya disetujui Presiden.

Selain itu, pada bulan November akan ada SEA Games, Asean Youth Games, MotoGP Mandalika dan Asean Para Games 2021.

(Tempo)

 

#Olahraga

Index

Berita Lainnya

Index