• Follow Us On : 
Pentingnya Menerapkan Etika dalam Berbisnis Ilustrasi

Artikel

Pentingnya Menerapkan Etika dalam Berbisnis

Kamis, 15 Juli 2021 - 12:46:54 WIB

PEKANBARU,  Tujuan utama berbisnis adalah memperoleh keuntungan secara finansial. Namun, bukan berarti sebuah perusahaan boleh menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan tersebut. oleh sebab itulah maka dibutuhkan suatu norma yang disebut dengan etika bisnis.

Etika bisnis dapat didefinisikan sebagai suatu aturan tersirat yang dapat dijadikan sebagai suatu landasan norma dan perilaku yang harus dipatuhi oleh setiap orang yang melakukan kegiatan bisnis.

Dengan menjalankan etika bisnis yang baik, sebuah perusahaan akan mendapatkan suatu value dan trust yang lebih dari kosumen bahkan dari kompetitornya sekalipun.

Menurut ahli manajemen Charles W. L. Hill dan Gareth R Jones, etika bisnis adalah sebuah ajaran untuk membedakan antara yang benar dan salah, yang mana hal tersebut dapat memberikan pembekalan kepada setiap pimpinan perusahaan ketika mempertimbangkan untuk mengambil suatu keputusan strategis yang berkaitan dengan masalah moral yang kompleks.

Tujuan Dan Manfaat Etika Bisnis

Tujuan etika bisnis sangat dibutuhkan oleh semua pengusaha, baik pengusaha baru maupun pengusaha yang sudah lama terjun di dunia bisnis. Tujuan etika bisnis bagi pengusaha dalah untuk mendorong kesadaran moral dan memberikan batasan-batasan bagi para pengusaha untuk menjalankan good business dan tidak melakukan dirty business.

Dengan demikian, para pealku bisnis memiliki aturan yang dapat mengarahkan mereka dalam mewujudkan citra dan manajemen bisnis yang baik sehingga dapat diikuti oleh semua orang yang mempercayai bahwa bisnis tersebut memiliki etika yang baik.

Selain itu, ternyata etika bisnis juga memiliki tujuan yang sangat penting yaitu dapat menentukan keberlangsungan hidup perusahaan. Dalam jangka pendek, perusahaan dengan etika yang baik akan memperoleh penilaian yang baik dan pandangan yang positif dari masyarakat. Menerapkan etika bisnis di dalam menjalankan kegiatan perusahaan akan menciptakan hubungan yang baik di lingkungan perusahaan. Hal ini akan memberikan kredibilitas yang baik bagi perusahaan .

Jika perusahaan mampu menerapkan etika bisnis secara menyeluruh, baik secara internal maupun eksternal, maka antara pimpinan dengan karyawan, karyawan dengan karyawan akan terjalin relasi yang baik, yang akhirnya akan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan suportif. Ini akan menjauhkan perusahaan dari praktik kecurangan dalam kegiatan bisnisnya.

Contoh Etika Bisnis Yang Baik

Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini mendorong banyak orang untuk melakukan berbagai macam cara untuk memperoleh keuntungan dari bisnisnya. Tak jarang terjadi berbagai kecurangan dalam praktiknya. Misalnya mencuri ide competitor melalui rekrut karyawan. Ini merupakan salah satu contoh perusahaan yang tidak menerapakan etika bisnis. 

Praktik tersebut tidak akan terjadi jika perusahaan menerapkan prinsip etika bisnis yang baik. Jika perusahaan menerapkan etika bisnis yang baik, dari pada mencuri ide lebih baik perusahaan melakukan berbagai kreasi dan inovasi terhadap produknya. Karena kreasi dan inovasi tidak melanggra norma etika selama tidak meniru secara keseluruhan.

Dengan mengutamakan etika, suasana persaingan bisnis akan terasa adil karena konsumen akan menilai suatu produk secaa objektif sesuai dengan kualitas yang di tawarkan. Setiap perusahaan tentunya tidak ingin dicurangi sedikitpun. 

Contoh Etika Bisnis Sederhana 

1. Menggunakan pakaian yang rapi

Pakaian mencerminkan kepribadian seseorang. Dalam berbisnis, berpakaian rapi juga berarti anda menghormati relasi bisnis, pimpinan, atau perusahaan yang anda temui. Memakai pakaian yang rapi dan harum juga menggambarkan kualitas diri anda sebagai seseorang yang dapat dipercaya.

2. Menyebutkan nama saat berkenalan

Pengusaha biasanya akan menyebutkan nama atau memberikan kartu nama secara ketika bertemu dengan orang baru. Hal tersebut penting dilakukan untuk menunjukkan bahwa anda memiliki etika yang baik, dan juga mengindikasikan niat baik dan ketertarikan untuk berkolaborasi lebih lanjut. 

3. Berdiri saat berjabat tangan

Selain menunjukkan kesopanan, berdiri saat memperkenalkan diri juga mempertegas kehadiran anda. Namun, jika kondisinya tidak memungkinkan untuk berdiri, anda dapat sedikit membungkuk. Dengan begitu, rekan bisnis akan melihat bahwa anda adalah orang yang memiliki nilai positif dan citra yang baik.

4. Penggunaan bahasa yang baik

Bahasa apa pun yang digunakan dalam berkomunikasi, sebaiknya gunakan bahasa yang positif dan jauhi kata-kata atau istilah kasar. Penggunaan bahasa menentukan kualitas diri serta bagaimana Anda ingin dihargai oleh orang lain. 

5. Ucapkan terima kasih

Ketika menghadiri suatu acara bisnis hal yang tak kalah penting yaitu mengucapkan terima kasih. Dengan mengucapkan terima kasih dapat mengindikasikan bahwa anda menghargai kedatangan dan partisipasi rekan bisnis anda tersebut. namun, jangan pernah melakukakannya secara berlebihan karena rekan bisnis anda akan memandang bahwa anada sangat membutuhkan bantuan dari mereka.

6. Bayar tagihan ketika mengundang tamu

Tak jarang pertemuan bisnis dilakukan di luar kantor, misalnya seperti di kafe dan restoran. Sebagai tuan rumah yang mengundang pertemuan, sebaiknya anda membayar tagihan tersebut. Dengan membayar tagihan, mereka akan merasa dihargai. 

7. Bersikap Jujur

Kejujuran adalah satu nilai penting yang harus diterapkan dalam berbisnis. Ketidakjujuran dalam berbisnis dapat diartikan sebagai penipuan, terlebih jika hal tersebut merugikan pihak tertentu. Bersikap jujur juga membuat karyawan dan perusahaan menjadi lebih mudah dipercaya. 

Masih banyak etika lain yang bisa diterapkan dalam berbisnis terutama berkaitan dengan inovasi, penawaran, transaksi, , hingga bagaimana menjaga relasi dengan perusahaan lain.

Pentingnya Menerapkan Etika Bisnis Dalam Keseharian

Etika bisnis memberikan banyak manfaat yang positif baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang bagi perusahaan. Jika anda terbiasa menerapkan etika dalam keseharian, tentu tidak akan sulit untuk menerapkannya dalam berbisnis. Karena etika bisnis nyatanya memang memiliki pengaruh yang besar bagi keberlangsungan hidup perusahaan.

Penulis : Muhammad Masdijo & Yan Putra

Dosen Pembimbing : Agustiawan, SE., M.Sc., Ak (Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau). (Man)

http://serambiriau.com/mobile/detailberita/4017/akademika/pekanbaru/pentingnya-menerapkan-etika-dalam-berbisnis


Akses Serambiriau.com Via Mobile m.Serambiriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT

Mahasiswa UMRI Ciptakan Sedotan Ramah Lingkungan dari Rumput Pimping

Senin, 26 Oktober 2020 - 13:04:35 WIB

Besok Pengumuman Hasil UN SMA dan SMK, Gubernur Riau Imbau Siswa Tak Konvoi dan Coret Baju Seragam

Rabu, 08 Mei 2019 - 16:36:28 WIB

USAHA SEMOGA MAJU

Senin, 12 Juli 2021 - 11:53:35 WIB

Perbanyak Berbagi Dibulan Ramadan, Himadiksi Kunjungi Panti Asuhan Ini..

Senin, 13 Mei 2019 - 14:57:45 WIB

ARTIKEL

Kabut Asap Riau, Siapa Yang Salah

Selasa, 05 Februari 2019 - 07:49:39 WIB

Sanggar Songket FDK UIN Suska Riau Gelar Festival Seni se Pekanbaru

Senin, 17 Desember 2018 - 20:02:00 WIB

BERGABUNG DI SINI