Pj Wali Kota : Tour De Muara Takus Bisa Gerakan UMKM Lokal

Pj Wali Kota : Tour De Muara Takus Bisa Gerakan UMKM Lokal
Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP saat ikut melepas peserta Tour de Muara Takus di Mapolda Riau, Sabtu (12/11/2022) pagi

PEKANBARU - Ratusan Pesepeda Tour de Muara Takus telah dilepas dari halaman Mapolda Riau, Sabtu (12/11/2022).

Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal dalam pidatonya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas digelarnya Tour de Muara Takus. Ia tersanjung karena kepercayaan yang diberikan oleh Gubernur Riau Syamsuar, Penjabat (Pj) wali kota Pekanbaru Muflihun, Pj bupati Kampar Kamsol, dan seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). 

"Seluruh panitia Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI)," ujarnya. 

ISSI menunjuk Polda Riau sebagai tuan rumah. Polda Riau akan selalu mendukung kebijakan gubernur untuk terus memajukan ekonomi bagi masyarakat Provinsi Riau usai pandemi. Sebagaimana diketahui bersama, olahraga sepeda sudah sangat mendunia

Tour de Muara Takus adalah ajang promosi bagi daerah. Kegiatan seperti ini akan membuat Pekanbaru lebih dikenal di masyarakat.

Demikian disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP saat ikut melepas peserta Tour de Muara Takus di Mapolda Riau, Sabtu (12/11/2022) pagi.

"Tour de Muara Takus ini sebagai bagian dari promosi daerah. Dengan event seperti ini, Pekanbaru bisa lebih dikenal masyarakat Indonesia," ujar Muflihun.

Ia mengatakan kegiatan ini juga mendukung bergeraknya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini sejalan dengan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Sebagaimana disampaikan gubernur, ajang ini juga sebagai persiapan Tour de Siak yang akan digelar pada bulan Desember nanti," Cakap Muflihun.

Sebagai informasi, Tour de Muara Takus yang dihelat 12 November 2022 di Pekanbaru dan kabupaten Kampar, Riau, diikuti total 372 peserta. Dari jumlah tersebut, 223 peserta mengikuti race dan 149 orang fun bike.

Menariknya, para peserta tak hanya berasal dari Riau tapi juga luar daerah. Bahkan ada yang datang dari mancanegara. Pesertanya terdiri dari 20 provinsi di Indonesia, dan ada 9 orang dari Malasyia.

Tour de Muara Takus yang merupakan pertama kali digelar ini akan melintasi rute sepanjang 125 kilometer. Start di depan Mapolda Riau Pekanbaru, sampai ke Candi Muara Takus di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar,

Peserta akan berhenti di tiga Pit Stop (titik pemberhentian) sebelum finish di Candi Muara Takus sekira pukul 13.00 WIB.

Race terdiri dari 4 Etape. Etape 1 – Start di Mapolda menuju Pit Stop 1 di Istana Kesultanan Kampa dengan jarak tempuh 45 km dengan prediksi waktu 120 menit, dari pukul 06.00 WIB – 08.00 WIB.

Kemudian Etape 2 dari Pit Stop 1 di Istana Kesultanan Kampa menuju Pit Stop 2 Rumah Dinas Bupati Kampar di Bangkinang dengan jarak 20 KM dan waktu tempuh 40 menit.

Selanjutnya Etape 3 dari Pit Stop 2 Rumah Dinas Bupati Kampar menuju Pit Stop 3 Dermaga Gulamo atau Jembatan I PLTA Koto Panjang, Kecamatan XIII Koto Kampar (41 KM) dengan waktu lebih kurang 3 Jam, atau dari pukul 09.00 WIB -12.00 WIB.

Terakhir etape 4 dari Pit Stop 3 Dermaga Gulamo menuju Candi Muara Takus sepanjang 19 KM, dalam waktu 1 Jam atau finish pada pukul 13.00 WIB. Acara seremonial di Candi Muara Takus berakhir sekira pukul 14.00 WIB.

Berita Lainnya

Index