Turun ke Sekolah, Diskominfo Riau Berbagi Tips ke Siswa Cara Bermedia Sosial yang Baik

Turun ke Sekolah, Diskominfo Riau Berbagi Tips ke Siswa Cara Bermedia Sosial yang Baik
Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau Erisman Yahya foto bersama disela kegiatan literasi media/digital di SMA 5 Pekanbaru, Kamis (23/2/2023).

PEKANBARU - Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau melalui Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) turun ke sekolah-sekolah. Kegiatan ini bertujuan memberikan literasi media/digital terhadap siswa SMA/SMK di Provinsi Riau.

Kegiatan yang di mulai di SMA 5 Pekanbaru dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau Erisman Yahya di Aula SMA 5 Pekanbaru, Kamis (23/2/2023).

Program ini memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya remaja usia sekolah cara bermedia sosial yang baik sehingga terhindar dari informasi yang tidak benar atau hoax yang berbahaya bila tidak disaring informasinya dengan baik," kata Erisman Yahya, M.H

Literasi media ini perlu diberikan mengingat sekarang banyak informasi yang sampai di tengah masyarakat baik itu dalam yang kesemuanya belum tentu benar. Bahkan tak jarang hoax.

Sehubungan itu Diskominfotik Provinsi Riau merasa ikut bertanggungjawab dan berkepentingan memberikan informasi yang benar ke masyarakat yang salah satu caranya adalah melalui kegiatan literasi media ini.

Program Literasi Media Diskominfotik Riau pertama dilaksanakan di SMAN 5 Pekambaru. Selanjutnya tim literasi media turun ke sekolah yang lain yang ada di Riau.

Ada dua Narasumber, Tiara Mulia Putri membahas tentang "Keamanan Bermedia Sosial" dan Galih Perwita Rosada menyampaikan materi tentang "JE.NA.MA" yang membahas tentang cara meraih brand atau merk.

Literasi media di SMAN 5 dihari sekitar 150 orang siswa baik dari kelas X, XI dan XII. Di sela materi juga di meriahkan dengan penampilan dari siswa-siswi berprestasi di sekolah itu. Antara lain tampilan Sofi Novindri yang merupakan juara 3 Vestival Lomba Seni Siswa Nasional menyanyikan lagu "Symphoni Yang Terindah" albumnya Once Mikel.

Kepala sekolah SMAN 5 Pekanbaru Hj Elmi Gurita, M.Pd menyampaikan terimakasih atas kunjungan sosialisasi dan pembelajaran literasi media bagi anak didik di sekolahnya.

Informasi literasi media seperti ini kata Elmi, sangat bermanfaat bagi anak-anak di sekolah. Sebab. Sangat banyak informasi yang sampai baik dalam bentuk berita, video dan sebagainya yang belum tentu benar.

Kemudian Elmi, berharap akan lebih banyak lagi kerjasama bisa terjalin antara SMAN 5 Pekanbaru dengan Diskominfotik Provinsi Riau. Misalnya terkait program podcast.

"Kami juga ada podcast di sekolah. Nanti kami bisa belajar lebih banyak lagi dengan Diskominfotik Riau, " ujarnya. (Rls/man)

Berita Lainnya

Index