Mahasiswi Akuntansi Umri Laksanakan Program Magang Kampus Merdeka di RSIA Zainab Pekanbaru

Mahasiswi Akuntansi Umri Laksanakan Program Magang Kampus Merdeka di RSIA Zainab Pekanbaru

Pekanbaru - Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Adalah salah satu program dari Kementrian Pendidikan,Kebudayaan, Riset dan Teknologi, yang bertujuan untuk memberikan mahasiswa pengalaman, meningkatan potensi kualitas diri  dan mutu nanti ketika lulus peguruan tinggi. 

Pembelajaran MBKM Kampus Merdeka memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika diruang lingkup pekerjaan lapangan.

Universitas Muhammadiyah Riau adalah salah satu kampus yang ikut dalam menyukseskan program MBKM. Dalam MBKM ini mahasiswa di beri kesempatan untuk menambah pengalaman dan beradaptasi di lingkungan kerja. 

Maka untuk menjalankan program MBKM prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammdiyah Riau bekerja sama dengan beberapa mitra salah satunya perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan yaitu Rumah Sakit Ibu dan Anak Zainab Pekanbaru. 

Rumah sakit ibu dan anak zainab adalah rumah sakit swasta yang menyediakan pelayanan kesehatan untuk ibu dan anak, selain itu RSIA ZAINAB ini juga bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan dan instansi-instansi dalam pelayan kesehatan seperti BPJS ketenagakerj-aan. Rumah Sakit Ibu dan Anak Zainab Saat ini di bina saat ini dan dijalankan oleh Dr. Diana Tabrani yang berlokasi di Jl. Ronggo Warsito No.1 Pekanbaru

Yolanda Putri merupakan mahasiswa Semester 5 dari prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau mengikuti program MBKM magang di RSIA ZAINAB.  

"Dengan mengikuti program ini Matakuliah 1 semester akan dikonversi sesuai RPS yang telah diambil. agar mahasiswa berfokus pada kegiatan magang yang sedang dilaksanakan. Dalam kegiatan ini saya di bimbing dengan dosen pembimbing yaitu ibu Siti Rodiah, SE,.M.Sc. dan ibu pembimbing di RSIA Zainab ibu Emi Juliani, SE," katanya.

Kegiatan MBKM magang di rumah sakit Ibu dan Anak Ini terlaksana selama 4 bulan dari 3 November sampai dengan 28 Febuari 2023. Selama kegiatan magang berlangsung mahasiswa ditempatkan pada unit Accounting dan keuangan sesuai dengan jurusan mahasiswa yang sedang di jalani. 

Di unit ini mahasiswa diberi kesempatan untuk belajar menggunakan program aplikasi akuntansi yaitu accurate. Dan mahasiswa juga belajar mengenai penjurnalan transaksi-transaksi terkait kas,penjurnalan peti cash dan lain-lainnya. Selain itu makasiswa juga dibimbing dan belajar menjalankan syariah islam yang baik dan benar. (Man)

Kontributor: Ivanna Yolanda Putri

Berita Lainnya

Index