• Follow Us On : 
Penguatan Ekonomi Nasional, Pemko Pekanbaru Siapkan Tiga Strategi

Penguatan Ekonomi Nasional, Pemko Pekanbaru Siapkan Tiga Strategi

Rabu, 06 November 2019 - 09:31:16 WIB

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar rapat penguatan perusahaan daerah (PD) Pekanbaru, pada Minggu (3/11/2019). Rapat kali ini, dipimpin langsung  oleh Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT. 

Dalam rapat tersebut dihadirkan Asisten I, II dan III, Kepala Bappeda, DPP, Dinas Koperasi UMKM, PUPR dan Dinas Perhubungan. 

Dari informasi yang didapatkan Wali Kota Pekanbaru, pemerintah pusat lima tahun kedepan salah satu konsenya adalah penguatan ekonomi, dengan 75 persennya akan mengeksplorasi potensi yang ada di Pulau Sumatera.

"Untuk itu kita juga harus siap, sebab Riau bisa dibilang jantungnya Sumatera. Kota Pekanbaru khususnya juga diprediksi sebagai daerah sentral, menjadi gerbang industri potensial di Asia," ujar Dr H Firdaus MT

Menjawab tantangan tersebut, Wali Kota Pekanbaru telah menyiapkan beberapa strategi untuk pengembangan perusahaan daerah. Pertama, pengembangan kawasan Industri Tenayan Raya sebagai Industri  Komoditi. Pemkobakan memperjuat peran PT SPP disini. "Kita targetkan nanti menghasilkan Rp 2 juta ton sawit pertahun. Tak hanya itu, rencananya disana juga kita siapkan untuk investor yang tertari untuk industri manufaktur," ujar Wali Kota.

Kedua, Pemko Pekanbaru akan menyiapkan sarana transportasi dengan pengembangan Trans Metro Pekanbaru (TMP). Dengan demikian, PT Trans Pekanbaru Madani (TPM) diharapkan lebih lincah.

"Dengan potensi wisata halal, Kota Pekanbaru akan menjadi tujuan pelancong domestik dan luar negeri kedepan, khususnya para vegetarian yang mencari makanan olahan. Untuk itu kita siapkan akses yang mudah, murah dan cepat. TMP merupakan salah satu solusinya," papar Firdaus.

Ketiga, Orang Nomor Satu di Pekanbaru ini juga konsen dalam penguatan ketersediaan pangan. Dalam hal ini, Pemko Pekanbaru akan bekerjasama dengan daerah penghasil pangan. 

"Kita juga harus memperhatikan ketersediaan pangan, kualitas dan harga komoditasnya mesti bersaing. Sementara Pekanbaru bukan daerah penghasil pangan, kita akan bekerjasama dengan daerah lain," katanya. 

Wali Kota berharap tiga strategi ini diharapkan bisa menjawab tantangan penguatan ekonomi yang dibebankan pemerintah pusat. (Advertorial)


Akses Serambiriau.com Via Mobile m.Serambiriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT

Polda Riau Tangkap Dua Pembawa Kayu Ilegal

Kamis, 04 Februari 2021 - 14:16:51 WIB

10 Tokoh Riau Besok Jalani Vaksinasi di Aula RSUD Arifin Achmad Pekanbaru

Rabu, 13 Januari 2021 - 13:18:11 WIB

Wali kota Gandeng Kejari Pekanbaru Bantu Tindak Oknum Pungli Retribusi

Rabu, 20 Januari 2021 - 16:00:04 WIB

Sesuai SE Kementerian Kesehatan, Ini Tarif Rapid Test

Rabu, 08 Juli 2020 - 16:01:34 WIB

Cegah Penyebaran Virus Corona, Gubri Syamsuar Minta Dukungan Masyarakat : Dirumah Saja

Jumat, 17 April 2020 - 20:19:41 WIB

MoU Bapenda dan Kejari Untuk Tagihan WP Mulai Efektif

Selasa, 04 Februari 2020 - 13:56:28 WIB

BERGABUNG DI SINI