Berlangsung Meriah, Ribuan Mahasiswa UMRI Paradekan Cinta Tanah Air

Berlangsung Meriah, Ribuan Mahasiswa UMRI Paradekan Cinta Tanah Air
Berlangsung Meriah, Ribuan Mahasiswa UMRI Paradekan Cinta Tanah Air

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Sebagai salah satu perguruan tinggi besar di Riau, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) ikut berpartisipasi menunjukkan sikap cintanya terhadap NKRI dengan melakukan parade Bhinneka Tunggal Ika menggunakan busana serba merah putih di Jalan Gajah Mada, Ahad (15/12/2019) pagi hingga siang.

Parade diikuti oleh sebanyak 2.130 mahasiswa dan sivitas akademika UMRI.

Selain ribuan mahasiswa UMRI, Parade Bhinneka Tunggal Ika tersebut juga dimeriahkan oleh peserta dari 33 paguyuban dan 5 sekolah yang mempertunjukkan berbagai keberagaman budaya dari berbagai suku dan etnis yang ada di Riau.

Tujuannya tak lain adalah untuk membuktikan bahwa meskipun saling berbeda-beda, namun tetap satu, sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika.

Menurut Rektor UMRI, Dr H. Mubarak, M.Si mengatakan melalui parade Bhinneka Tunggal Ika tersebut, UMRI ingin membangun komitmen kepada mahasiswanya bahwa Muhammadiyah juga adalah bagian dari satu kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Tujuan kegiatan ini untuk membangun komitmen kepada mahasiswa kita bahwa kita disini adalah dalam satu kesatuan NKRI. Jadi Muhammadiyah itu juga bagian dari republik ini yang harus memberi warna bagi republik ini, yaitu warna merah putih sebagai warna NKRI. Artinya walaupun banyak perbedaan (suku, etnis, budaya) di dalamnya, saat menjadi satu kesatuan NKRI, yang ada hanya merah putih," ujarnya kepada usai mengikuti parade tersebut.

Disela kesempatannya, Rektor juga berpesan bahwa dengan banyaknya keberagaman dan perbedaan yang ada di Riau, namun tak boleh saling membedakan. Baik itu si kaya atau si miskin, karena apapun status sosialnya perbedaan itu sudah menjadi satu, Indonesia. "

Apapun status sosialnya, lihatlah NKRI-nya. Kalau kita ingin maju, maka kita harus meningkatkan rasa cinta tanah air kita. Lalu akselarasi bagaimana kita memahami nilai-nilai kebangsaan. Kegiatan parade Bhinneka Tunggal Ika adalah yang perdana kita lakukan dan akan terus kita lakukan secara berkelanjutan sebagai komitmen kita di UMRI," tuturnya.

Saat melakukan parade itu, Rektor juga memperkenalkan slogan baru dari kampusnya bertajuk My Life My Future yang memiliki arti, Hidupku Masa Depanku. Slogan itupun ditanamkan untuk mahasiswa UMRI agar dalam kesehariannya terus melakukan dan menerapkan kebaikan demi kebaikan.

Sementara di lokasi yang sama Gubernur Riau, Syamsuar menjelaskan, dengan kegiatan parade Bhinneka Tunggal Ika itu, Riau jadi bisa merasakan keberagaman Indonesia secara keseluruhan. Sehingga menumbuhkan tekad, sikap dan tindakan dalam mencintai negara yang bedasarkan Pancasila dan UUD 1945.

"Kebhinekaan dan keberagaman masyarakat itu sejatinya memang harus dikelola dengan cermat, bukan untuk ditolak. Parade Bhinneka Tunggal Ika juga bisa kita jadikan sebagai sarana menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia," tutupnya. (Src)

Berita Lainnya

Index