Antusias Masyarakat Tinggi, Baru Tujuh Hari Difungsionalkan 28.045 Kendaraan Lintasi Tol Pekdum

Antusias Masyarakat Tinggi, Baru Tujuh Hari Difungsionalkan 28.045 Kendaraan Lintasi Tol Pekdum
Pintu gerbang Tol Pekanbaru - Dumai
SERAMBIRIAU.COM, PEKANBARU - Jumlah kendaraan yang melintasi tol Pekanbaru - Dumai seksi I (Pekanbaru - Minas) Minggu (29/12/2019) meningkat dratis jika dibandingkan dengan hari sebelumnya. Pengelola Tol Pekanbaru - Dumai (Pekdum), PT Hutama Karya (Persero) sebanyak 5.350 unit kendaraan melintasi tol Pekanbaru - Dumai seksi I pada akhir pekan ini.
Jumlah ini meningkat jika dibandingkan sehari sebelumnya, Sabtu (28/12/2019) yang hanya tercatat sebanyak 4.389 unit kendaraan. Sementara Jumat (27/12/2019) jumlah kendaraan yang melintasi tol Pekanbaru Dumai cenderung menurun, hanya sekitar 3.266 unit.
 
Jika ditotal dari sejak pertama kali difungsionalkan, Senin (23/12/2019) kemarin, jumlah kendaraan yang melintasi tol Pekanbaru - Dumai seksi I ( Pekanbaru - Minas) sudah mencapai sebanyak 28.045 unit kendaraan.
Melihat antusiasme masyarakat dalam menggunakan Tol Pekanbaru Dumai Seksi 1 Pekanbaru-Minas, PT Hutama Karya (Persero) menghimbau pengguna jalan
tol untuk selalu berhati-hati dalam berkendara.
 
"Pengguna jalan tol diharapkan selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan menjaga kecepatan berkendara yakni maksimal 60 km/jam," kata Executive Vice Predisen, Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol, PT Hutama Karya (Persero), J Aries Dewantoro.
 
Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 Pekanbaru-Minas ini dibuka secara fungsional sejak tanggal 23 desember 2019 kemarin sampai tanggal 2 Januari 2020 mendatang. Tol dibuka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Tol Pekanbaru - Minas yang membentang sepanjang 9,5 km ini telah dilengkapi rambu-rambu dan marka jalan.
 
Selain itu, Hutama Karya juga telah menyiapkan armada pelayanan lalu lintas seperti dua unit Patroli Jalan Raya, Ambulans, hingga kendaraan patrol, dan dua Pos Porlantas di Simpang Masuk Ringroad KM19 dan di Simpang Perawang.
Bagi masyarakat yang ingin mencoba menjajal ruas jalan tol dari Pekanbaru menuju simpang Perawang-Minas sebagai bagian seksi 1, diminta agar berhati-hati dan mengikuti seluruh aturan dan rambu-rambu. Jangan memacu kendaraan melebihi kecepatan maksimal 60 km/jam. Serta menyiapkan kartu e-Money/e-Toll untuk membuka plang di gerbang tanpa dipungut biaya sepeserpun.
 
Kepala Cabang Operasional Tol Pekanbaru - Dumai, Indrayana memaparkan aturan tersebut wajib diikuti oleh pengendara yang ingin melintasi tol Pekanbaru - Dumai saat uji coba fungsional diberlakukan hingga 2 Januari 2020 mendatang.

“Pertama, pengendara harus punya smart card e-money yang sudah kita sediakan dengan bekerjasama beberapa bank,” ujarnya.

Dikatakannya, karena dalam tahap uji coba, smart card yang tidak berisi saldo pun bisa melewati jalur tersebut, alias gratis. Selanjutnya untuk jam operasional tol Pekdum seksi 1 dimulai pada pukul 8.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Indrayana, setelah selesai masa uji coba fungsional ini pada 2 Januari 2020 mendatang, Hutama Karya kembali menutup Tol Pekdum, untuk pengerjaan selanjutnya.

“Setelah uji coba gratis ini, Kita akan tutup kembali karena konstruksi akan dilanjutkan, kita targetkan nanti buka menjelang lebaran tahun depan,” paparnya.
 
Seperti diketahui, Tol Pekanbaru - Dumai seksi I sepanjang 13,5 Kilometer resmi difungsionalkan, Senin (23/12/2019) kemarin. Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bersama rombongan tampak langsung meninjau ujicoba tol Pekanbaru - Dumai seksi I ini.
 
Sebelum menjajal tol, Gubri Syamsuar pun sempat mengecek kesehatannya di rest area yang ada di samping kanan pintu tol Muara Fajar Rumbai. Gubri Syamsuar pun sempat foto bersama dengan latar belakang pintu tol Pekanbaru - Dumai di Pintu Muara Fajar Rumbai.
 
Tidak lama setelah itu, Gubri bersama rombongan pun langsung melintasi Tol Pekanbaru - Dumai Seksi I. Rombongan iring-iringan kendaraan masuk melalui pintu Muara Fajar Rumbai dan keluar di Perempatan Perawang.
 
Uji coba tol Pekanbaru - Dumai seksi I ini hingga 2 Januari 2020 mendatang. Selama masa uji coba berlangsung, mulai tanggal 23 Desember 2019 sampai 2 Januari 2020 pengendara yang melintasi jalan tol ini akan digratiskan.
 
"Iya, Mulai tanggal 23 Desember sampai 2 Januari 2020 tol Pekanbaru Dumai seksi 1 akan kita fungsionalkan,"kata Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Muhammad Fauzan akhir pekan kemarin.
 
Tol Pekanbaru - Dumai seksi 1 ini dioperasikan mulai pukul 08.00 Wib hingga 16.00 Wib khusus untuk kendaraan golongan 1 atau non bus. Selama tahap ujicoba berlangsung, pihak pengelola tol, kendaraan yang melintas di ruas jalan tol Pekanbaru - Dumai ini masih dibebaskan biayanya alias gratis.
 
"Ujicoba ini sekaligus untuk kepentingan natal dan tahun baru. Karena saat natal dan tahun baru itukan lalulintas padat. Jadi kalau tol Pekanbaru -Dumai seksi 1 itu dibuka bisa mengurai kemacetan," kata Fauzan.
 
Pihak Hutama Karya juga mengaku sudah mempersiapkan fasilitas pendukung untuk keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan tol. Seperti rambu-rambu dan marka jalan dan armada pelayanan lalulintas.
 
"Kita sudah siapkan ambulance dan kendaraan patroli untuk armada pelayanan lalulintas," katanya.
 
Tidak hanya itu, pihak PT Hutama Karya (Persero) juga sudah menyiapkan dua titik pos Polisi lalulintas yang ditempatkan di simpang masuk ringroad KM 19 serta di simpang perawang.
 
"Sudah kami koordinasikan dengan Polres setempat agar dapat menyiagakan personilnya di masing-masing pos tersebut," ujarnya.
 
Sementara untuk seksi 2 hingga seksi 6 saat ini terus digesa pembangunannya. Sejauh ini untuk seksi 4 dan 6 sudah tidak ada masalah lagi terkait dengan pembebasan lahanya. Hanya tinggal seksi 3 dan 4 saja yang masih ditemukan sejumlah kendala. Pihaknya menargetkan Maret 2020 proyek pembangunan tol Pekanbaru - Dumai tuntas dikerjakan.
 
"Maksimal Maret 2020 kita selesaikan, karena ada beberapa ruas yang masih proses pengerjaan," ujarnya. (Tpc/Src)

Berita Lainnya

Index