Ketua DPRD Pekanbaru Lanksanakan Reses di Sialang Rampai

Ketua DPRD Pekanbaru Lanksanakan Reses di Sialang Rampai
Ketua DPRD Kota Pekanbaru M Sabarudi dari Fraksi PKS melaksanakan kegiatan reses di Jalan Lintas Timur KM 18 RT 3 RW 7, Sialang Rampai, Kulim pada Kamis (9/11/2023)

Pekanbaru - Ketua DPRD Kota Pekanbaru M Sabarudi dari Fraksi PKS melaksanakan kegiatan reses di Jalan Lintas Timur KM 18 RT 3 RW 7, Sialang Rampai, Kulim pada Kamis (9/11/2023).  

Dalam reses ini Sabarudi menyebutkan bahwa aspirasi masyarakat masih seputar Infrastruktur terutama semenisasi, drainase dan persoalan pendidikan. 
 



Dalam Reses ini Sabarudi juga menyampaikan bahwa masa reses adalah masa di mana anggota DPRD bekerja di luar gedung atau di luar kantor. Masa reses adalah waktu anggota DPRD melakukan kunjungan ke konstituen atau Daerah pemilihan (Dapil) untuk menjalankan tugas-tugasnya sebagai wakil rakyat.


" Itu berarti reses dilakukan dalam kerangka anggota DPR/DPRD menjalankan tugasnya dalam hal legislasi, penganggaran, dan pengawasan," tegasnya. 

Reses sangat efektif digunakan dalam rangka menjalankan ketiga fungsi DPRD. Reses dapat menjadi instrumen yang baik untuk memperoleh aspirasi dan masukan dari konstituen, serta untuk melihat langsung implementasi berbagai kebijakan yang dibuat oleh eksekutif.
 



Di sisi lain, reses juga merupakan salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam proses pembuatan keputusan sebagai salah satu prinsip demokrasi. Sebagai pemilih yang mempunyai wakil di DPRD, masyarakat mempunyai hak untuk berpartisipasi dalam proses pembentukan keputusan, melalui mekanisme yang telah ditentukan. 

Reses adalah salah satu mekanisme resmi yang memungkinkan masyarakat berpartisipasi dalam pembuatan keputusan.Karena itu, keterlibatan masyarakat dalam sebuah reses akan memberi hasil yang lebih aktual dan berbasis fakta sehingga mudah untuk dikonfirmasi atau diklarifikasi ketika ada informasi yang membutuhkan penjelasan teknis dari peserta reses. (Galeri)

 

Berita Lainnya

Index