Gubri Minta Hotel di Riau Siapkan Tempat Promosi Produk Halal UMKM

Gubri Minta Hotel di Riau Siapkan Tempat Promosi Produk Halal UMKM

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, meminta hotel-hotel di Riau menyediakan kios atau lemari yang memajangkan produk halal sebagai oleh-oleh khas Riau.

"Pak Menteri Pariwisata menyarankan sebaiknya hotel-hotel di Riau ada kios UMKM produk halal," kata Gubri Syamsuar.

Dengan begitu, kata Gubri, kalau wisatawan datang ke hotel mereka sudah melihat ada kios-kios atau lemari yang isinya berkaitan dengan produk halal Riau.

"Itu merupakan upaya kita dalam mempromosikan produk-produk halal di Riau ini kedepannya," cakap mantan Bupati Siak dua periode ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Riau, Fahmizal Usman, saat dikonfirmasi perihal tersebut mengaku pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan pihak hotel dan UMKM terkait wacana itu.

"Alhamdulillah saat ini sudah banyak UMKM yang mendaftarkan ke MUI untuk proses sertifikasi halal. Jadi produk UMKM ini disertifikasi halal dulu sebelum produknya dipasarkan. Itu tahap dan langkah awalnya, sekarang sudah berproses," katanya.

Setelah UMKM memiliki sertifikasi halal, lanjut Fahmizal, kemudian untuk pemajangan produk halal itu pengaturannya diserahkan ke pihak hotel. "Seperti apa setting-nya, kita serahkan ke pihak hotel menyiapkan tempat untuk souvernir dan oleh-oleh produk UMKM yang sudah disertifikasi itu, karena hotel juga punya bisnis oriented," paparnya. (cakaplah.com)

Berita Lainnya

Index