Berbatasan dengan Malaysia, Abrasi Tiga Pulau Terluar Riau Jadi Perhatian Pusat

Berbatasan dengan Malaysia, Abrasi Tiga Pulau Terluar Riau Jadi Perhatian Pusat

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tengah berjuang menyelesaikan persoalan abrasi di tiga pulau terluar di wilayah Provinsi Riau. Tiga pulau terluar di Riau itu yakni Pulau Bengkalis, Rupat dan Rangsang. 

Keberadaan tiga pulau terluar ini berbatasan langsung antara wilayah Indonesia dengan Malaysia.

"Untuk menyelesaikan persoalan pulau terluar di Riau ini, kami sudah mengangkat ke persoalan ini ke tingkat nasional, karena ini menyangkut kedaulatan negara kita," kata Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, Ahad (26/5/2019) malam.

Dia mengatakan, pemerintah provinsi dan pusat perlu mempertahankan tapal batas wilayah Indonesia yang berada di tiga pulau terluar ini.

"Tapal batas wilayah negara kita tiga pulau ini sudah berkurang dengan Malaysia karena adanya abrasi. Sementara Malaysia menambah batas wilayah negaranya dengan melaksanakan reklamasi," paparnya.

Menurutnya, persoalan di tiga pulau terluar Riau ini sudah menjadi perhatian besar Kementerian Koordinator Bidang Maritim, dan akan dibahas persoalan ini di lintas kementerian.

"Hari Selasa saya akan diundang khusus Menko Maritim membahas rencana aksi untuk menyelesaikan persoalan abrasi di pulau-pulau terluar ini, yang melibatkan beberapa menteri terkait," bebernya.

Dengan adanya dukungan pemerintah pusat yang difasilitasi Menko Maritim, Syamsuar berharap persoalan ini dapat diatasi, dan sekaligus dapat membangun pulau terluar tersebut.

"Dengan adanya perhatian ini secara tidak langsung kita dapat mengatasi persoalan abrasi di tiga pulau terluar ini. Kemudian sekaligus memberikan pemberdayaan kepada masyarakat kita yang ada di sana," cakapnya.  (CAKAPLAH.COM)

Berita Lainnya

Index