Info Mudik

Penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru Turun 32 Persen, Ini Penyebabnya

Penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru Turun 32 Persen, Ini Penyebabnya

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM  - Jelang Idul Fitri 1440 Hijriah, jumlah penumpang di Bandara Sultan Sarif Kasim (SSK) II Pekanbaru belum mengalami kenaikan yang signifikan.

Hal ini disebabkan masih tingginya harga tiket pesawat. Meski pemerintah sudah menurunkan Tarif Batas Atas (TBA), namun ternyata ini tak cukup berpengaruh.

Executive General Manager Bandara SSK II, Jaya Tahoma Sirait, kepada CAKAPLAH.com mengatakan, sejak Januari hingga Mei 2019, memang ada sedikit kenaikan penumpang, namun hanya 3 persen saja.

"Tapi kalau dibandingkan dengan tahun lalu di periode yang sama, ada penurunan jumlah penumpang hingga 32 persen," ujar Jaya, Selasa (28/5/2019).

Pihaknya memprediksi kenaikan penumpang akan terjadi pada tanggal 1 Juni 2019. "Kita prediksi puncaknya nanti tanggal 1 Juni. Itu pun naik paling hanya 10 persenan saja dari hari biasa. Kenaikan tak terlalu tinggi angkanya," cakapnya.

Hal ini karena memang saat ini maskapai menjual tiket dengan TBA baru yang sudah ditetapkan pemerintah beberapa waktu lalu.

"Pemerintah memang sudah menetapkan TBA yang baru, tapi batas atas yang baru ini jika dibandingkan dengan tarif normal sebelum tahun 2018 harganya masih jauhlah. Masih naik 2 hingga 2,5 persen dari harga saat hari-hari biasa," ungkapnya.

Lanjut Jaya, tidak hanya berdampak pada penurunan jumlah penumpang, kenaikan harga tiket pesawat juga menyebabkan pendapatan bandara turun dari target yang ditentukan.

"Tentu berdampak pada penurunan pendapatan. Kalau angkanya kemarin itu kan dari Januari-April kerugiannya di sekitaran Rp3 Miliar, kalau sampai sekarang ya pasti sudah bertambah. Makin bertambah bulan tentu makin bertambah kerugiannya," ungkapnya.

Dikatakannya, Angkasa Pura II sebagai penyelenggara bandara tidak punya wewenang menekan harga tiket pesawat.

"Kalau kami sifatnya hanya bisa mengimbau maskapai saja, sebab posisinya hanya sebagai penyelenggara," pungkasnya. (CAKAPLAH.COM)

Berita Lainnya

Index