Ulah Pencuri Kabel, PJU Jalan Ronggo Warsito Padam

Ulah Pencuri Kabel, PJU Jalan Ronggo Warsito Padam
Kabel PJU Jalan Ranggo Warsito dicuri OTK

PEKANBARU - Empat dari enam unit Penerangan Jalan Umum  (PJU) di Jalan Ronggowarsito, tepatya di sekitar kediaman Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, beberapa hari belakangan padam.

Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana (KTSP) Dinas Perhubungan Pekanbaru, Tengku Ardi Dwisasti, menyebutkan kejadian hilangnya kabel bawah di sekitar Jalan Ronggowarsito akibat dicuri orang tak ditenggerai menjadi penyebab PJU padam. "Kita mendapatkan informasi dari ajudan Wawako. Beliau menyebutkan PJU di daerah kediaman mati. Setelah dicek, ternyata kabel bawah tanah beberapa PJU di sana sudah raib dicuri," kata Tengku Ardi, Rabu (19/6/2019).

Dirinya menjelaskan, meski ukuran kabel yang dicuri hanya beberapa meter saja, namun berdampak terhadap padamnya empat unit PJU di sana. Ardi meminta partisipasi masyarakat dalam persoalan itu. Apabila melihat orang yang mencurigakan diminta untuk menegurnya. 

"Semaksimal mungkin kita perbaiki PJU itu. Kita akui saat ini untuk kabel PJU sudah banyak yang hilang. Jadi harus didata kembali, Insha Allah kita masukkan dalam anggaran peremajaan APBD-P atau APBD 2020,"katanya.

Sebab, kalau dipaksakan menyala dengan menarik kabel dari udara, kurang elok dilihat. Sekali lagi ia meminta masyarakat untuk menegur jika ada orang mencurigakan. Karena Dishub, kalau bekerja selalu pakai mobil plat merah, dan pakaian dinas yang bertulisan Dishub Pekanbaru. 

"Kalau kita paksain menyala itu PJU dengan menarik kabel dari udara kurang elok dipandang. Makanya, mau kita data, dan perbaikannya tetap pakai kabel bawah tanah dengan membongkar coran atau aspal," tutupnya. (***)

Berita Lainnya

Index