19 Hotspot Muncul di Riau, Lebih 50% Terdapat di Pelalawan

19 Hotspot Muncul di Riau, Lebih 50% Terdapat di Pelalawan

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Sebanyak 19 titik panas (hotspot) muncul di Provinsi Riau, hari ini, Jumat, 12 Juli 2019. Jumlah hotspot itu tersebar hanya pada enam daerah, dengan tingkat kepercayaan di atas 50%. Informasi ini berdasarkan laporan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbru berdasarkan pencitraan satelit terra dan aqua yang diterima, update pada pukul 06.00 WIB.

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Marzuki menjelaskan, dari 19 hotspot itu, lebih dari 15%-nya disumbangkan oleh Kabupten Pelalawan. Terpantau sebanyak 9 titik hotspot terdapat di wilayah itu yang tersebar dibeberapa daerahnya. Daerah kedua terbaanyak menyumbang hotspot hari ini, yakni Kabupaten Siak dengan jumlah sebaran hotspot sebanyak 4 titik, kemudian disusul oleh Kabupaten Bengkalis dengan jumlah sebaran hotspot sebanyak 3 titik. Sedangkan untuk Kabupaten Inhu, Inhil dan Meranti, masing-masing terpantau satelit muncul 1 titik hotspot.

"Sementara itu, untuk hotspot dengan tingkat kepercayaan di atas 70% (diduga titik api) terdapat 2 daerah dengan sebaran hotspot sebanyak 4 titik. Kabupaten Pelalawan menyumbang 3 titik dan Inhu 1 titik," ungkap Marzuki.

Dijelaskannya, secara keseluruhan di Sumatera terdapat 46 hotspot pada tingkat kepercayaan di atas 50%. Selaijn Riau, ada 7 provinsi lainya yang juga ikut menyumbang hotspot hari ini. Diantaranya, Provinsi Sumut sebanyak 2 titik, Sumsel 7 titik, Sumbar 4 titik, Jambi 6 titik, Lampung 2 titik, Babel 5 titik dan Provinsi Kepri 1 titik panas. (bertuah)

Berita Lainnya

Index